Wisata Bandung Selatan Yang Paling Banyak Dikunjungi

Wisata Bandung Selatan

Wisata Bandung Selatan | Foto : bandungcitytourmurah.blogspot. (com)

Tak bisa dipungkiri, jika Ciwidey merupakan kawasan wisata Bandung Selatan yang paling banyak dikunjungi. Peningkatan arus wisatawan secara besar-besaran bisa dikatakan baru terjadi pada era 2000-an.

Sebelum era 2000, kawasan wisata Bandung Selatan ini hanya fokus pada wisata alam dengan menampilkan alam apa adanya. Artinya tak ada satu pun atraksi wisata yang menarik perhatian di kawasan ini. Itu pun berarti bahwa kunjungan wisatawan hanya bertujuan untuk menikmati alam.

Karenanya wajar, di era 90’an kawasan ini lebih banyak dikunjungi oleh para penikmat dan pecinta alam. Sementara penikmat dan pecinta alam, lebih banyak diduduki oleh golongan usia muda. Hal itu wajar, mengingat atraksi wisata yang paling poluler di kawasan ini pada saat itu adalah camping ground.

Outbound di Cikole Lembang

Outbound di Cikole Lembang | Foto : junglepark.blogspot. (com)

Pada era 2000, perkembangan wisata ditandai dengan kemunculan permainan outbound di berbagai tempat, termasuk juga di wilayah Ciwidey. Tak bisa dipungkiri bahwa permainan high rope termasuk di dalamnya flying fox merupakan atraksi yang paling diminati di tempat-tempat wisata.

Disadari atau tidak, kemunculan permainan ini telah mampu mendongkrak kunjungan wisata di kawasan Ciwidey. Seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisata, atraksi-atraksi wisata baru pun bermunculan, semisal motocross dan ATV yang memang banyak digemari oleh para wisatawan.

Wisata Petik Strawberry di Bandung

Wisata Petik Strawberry di Bandung | Foto : bdg. (co.id)

Selain itu, perkembangan wisata di kawasan ini, memanfaatkan juga matapencaharian warga sebagai petani untuk dijadikan agrowisata. Agrowisata yang terkenal di kawasan ini adalah kebun strawberry dengan atraksi memetik strawberry langsung di kebunnya.

Perkembangan wisata di Ciwidey, ternyata tidak berhenti sampai di situ. Setelah dirasa cukup dengan inovasi dalam hal atraksi wisata, ekspansi objek wisata pun dilakukan. Salah satu ekspansi terbesar yang dianggap berhasil mengubah wajah Ciwidey adalah pembukaan Waterboom di kawasan Ranca Upas.

Waterboom di Rancaupas Bandung

Waterboom di Rancaupas Bandung | Foto : www.kampungcai. (com)

Waterboom di kawasan ini, memang memberikan kesan yang aneh ketimbang unik. Bayangkan saja, di udara Ciwidey yang dingin, waterboom justru hadir sebagai salah satu atraksi wisata air. Berbeda seperti wisata air lain yang sudah ada semisal Cimanggu, Punceling atau Rancabolang yang lebih memanfaatkan sumber air panas.

Di waterboom ini, pengunjung benar-benar diharuskan untuk bermain air sepuasnya dan tidak tergantung pada keberadaan air panas yang memang ada di lokasi. Seperti sensasi waterboom yang ada di kawasan Ranca Upas ini? Kiranya berkunjung secara langsung akan sangat disarankan.

Objek Wisata Ciwidey Bandung

Objek Wisata Ciwidey Bandung | Foto : malicemrc.wordpress. (com)

Sebagai informasi terakhir, semua objek wisata Bandung Selatan di kawasan Ciwidey ini, letaknya berdekatan. Sehingga sangat mungkin bagi wisatawan untuk mengunjungi beberapa atau semua objek wisata yang ada di kawasan ini hanya dalam satu hari kunjungan wisata.

Leave a Reply