5 Tempat Wisata Alam di Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Kota Bandung

Tempat Wisata Alam di Kota Bandung | Foto : initempatwisata.com

Banyak yang menyalahartikan tempat wisata alam di kota Bandung dengan mengarahkan ke tempat wisata alam di wilayah Bandung. Hal ini tentu saja akan terlihat sangat bertentangan jika dihubungkan dengan wilayah administratif antara Kota dan Kabupaten.

Kesalahan tersebut umumnya didasari atas minimnya pengetahuan pemberi informasi terhadap pemetaan wilayah secara administratif. Di samping itu, didukung juga dengan alasan yang kuat bahwa tak banyak objek wisata alam yang ada di Kota Bandung.

Tempat Wisata Alam

Tempat Wisata Alam | Foto : anekatempatwisata.com

Artinya sebagaian besar objek wisata alam yang tersebar di wilayah Bandung, secara administratif masuk dalam ruang lingkup pemerintahan Kabupaten Bandung. Namun demikian, bukan berarti kota Bandung tak memiliki potensi alam sebagai objek wisatanya. Berikut adalah 5 Tempat wisata alam di Kota Bandung yang wajib untuk dikunjungi.

1. Curug Dago

Tempat Wisata Curug Dago

Tempat Wisata Curug Dago | Foto : www.panoramio.com

Terletak di Dago Atas, akses termudah menuju lokasi bisa dicapai melalui Bukit Pakar , tepatnya di depan pintu gerbang Kampus Pasca Sarjana Unpad. Di depan gerbang ini, ada jalan kecil berupa undakkan anak tangga menurun yang langsung menuju Curug Dago. Atau bisa juga dengan menelusuri jalan setapak dari Dago Pojok yang bisa diakses tepat di seberang Hotel Sheraton.

2. Babakan Siliwangi

Hutan Babakan Siliwangi Bandung

Hutan Babakan Siliwangi Bandung | Foto : www.infobdg.com

Merupakan hutan kota sebagai bagian dari hutan purba Bandung yang masih tersisa. Letaknya tak jauh dari ITB da Sasana Budaya Ganesha. Dengan kata lain, hutan kota ini masih berada di wilayah pusat keramaian kota.

3. Kebun Binatang Bandung

Wisata Kebun Binatang Bandung

Wisata Kebun Binatang Bandung | Foto : www.jotravelguide.com

Merupakan objek wisata alam komersil tertua di Kota Bandung. Berdasarkan sejarahnya, Kebun Binatang bandung ini masih merupakan bagian dari Hutan Kota Babakan Siliwangi yang  dulu bernama Lebak Gede. Pembangunannya ditujukan sebagai pusat Zoologi Bandung. Lokasinya berhadapan langsung dengan Kampus ITB.

4. Taman-taman Tua di Kota Bandung

Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga | Foto : green.kompasiana.com

Taman-taman tua di kota Bandung saat ini memang sedang mengalami revitalisasi sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan. Beberapa taman tua yang bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata alam adalah, Taman Cibeunying, Taman Lansia, Taman Maluku atau Taman Lalulintas yang konon masih menyimpan koleksi pohon langka.

5. Taman Hutan Tegallega

Taman Hutan Tegallega Bandung

Taman Hutan Tegallega Bandung | Foto : aleut.wordpress.com

Berada di perbatasan pusat Kota Bandung dan Bandung Selatan. Biasa disebut sebagai Tegallega, merupakan salah satu landmark kota Bandung yang juga lokasi berdirinya monumen Bandung Lautan Api. Di taman ini, pengunjung bisa mengamati dan menikmati ratusan hingga ribuan koleksi pohon yang ditanam di area taman.

Dari lima lokasi tersebut, jelas jika tempat wisata alam di kota Bandung masih ada di tengah kepadatan penduduk dan pembangunan yang semakin cepat.

Leave a Reply