5 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Alam Bandung

Wisata Alam Bandung | Foto : gopixpic.com

Tempat wisata alam di Bandung , sangatlah banyak. Hal ini tentu saja berkaitan dengan panorama Bandung yang seolah tak akan habis untuk dibicarakan. Berbicara tentang wisata alam, terutama di Bandung, pastinya akan sangat berkaitan dengan wilayah-wilayah ketinggian Bandung. Pernyataan ini bisa diatakan benar, mengingat Bandung merupakanwilayah yang dikelilingi pegunungan.

Karenanya wajar, jika sebagian besar objek wisata di Bandung, berada di wilayah ketinggian. Alasannya sudah pasti bahwa ketinggian merupakan cara utama untuk mengeksplorasi keindahan. Agar tidak berlama-lama, berikut adalah5 tempat wisata alam di Bandung yang wajib diunjungi.

1. Dago

Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung | Foto : www.wisatapanorama.com

Dago adalah nama tempat di Bandung yang secara administratid masuk dalam wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Wisata alam di tempat ini bisa dikunjungi mulai dari Curug Dago di Dago Pojok hingga ke Maribaya. Wilayah ini masuk dalam ruang linglup Taman Hutan Raya ir. H. Djuanda. Beragam kegiatan wisata alam, terutama hiking dan bersepeda uphill bisa dilakukan untuk mengeksplorasi keindahan alam.

2. Lembang

Situ Lembang

Situ Lembang | Foto : forum.republika.co.id

Siapa yang tak tahu Lembang? Dari dulu wilayah ini memang terkenal dengan wisata alamnya. Jika dulu akses utama dan termudah menuju wilayah ini adalah melalui Jalan Setiabudhi. Saat ini aksesnya bisa dipersingkat melalui Dago. Banyak tujuan wisata alam yang ada di Lembang. Namun, dari semua tujuan tersebut, kiranya bisa dikatakan bahwa ‘puncak tertinggi’ dari wisata alam Lembang adalah Kawah Tangkuban Parahu.

3. Ciwidey

Objek Wisata Ciwidey Bandung

Objek Wisata Ciwidey Bandung | Foto : malicemrc.wordpress.com

Adalah tempat wisata alam yang paling femomenal di Bandung. Dari pengamatan sederhana, Ciwidey bisa dikatakan sebagai destinasi wisata utama dari Bandung. Beragam tempat bisa dikunjungi dengan satu ruas jalan sebagai akses utamanya. Dimulai dengan villa-villa di wilayah gambung, perkebunan strawberry, camping ground, pemandian air panas dan seterusnya hingga berakhir di Situ Patengan.

4. Pangalengan

Wisata Pangalengan Bandung

Wisata Pangalengan Bandung | Foto : outbound-adventure.com

Wilayah yang terkenal sebagai penghasil dan pengolah susu terbesar dan terbaik di Bandung ini, memiliki potensi alam yang tak kalah hebatnya. Akses jalan yang menanjak dan berliku kiranya menjadi hiburan utama sebelum memasuki kawasan wisata.

Di pertengahan Jalan menuju Pangalengan, kita bisa mengunjungi wana wisata Gunung Puntang di wilayah Cimaung. Sementara di Pangalengan sendiri, kita bisa menikmati beragam keindahan alam, mulai dari perkebunan the malabar, Situ Cileunca, Pemandian air panas Ranca Bolang, Situ Cisanti, hingga berarung jeram di sungai palayangan.

5. Bandung Timur

Pemandangan Gunung dari Oray Tapa

Pemandangan Gunung dari Oray Tapa | Foto : www.gopixpic.com

Banyak yang memandang sebelah mata pada wilayah ini. Padahal jika kita mengunjungi ketinggian di Bandung Timur, kita akan terpana oleh keindahan alam di wilayah ini. Beberapa tempat wisata alam di Bandung Timur yang bisa disebutkan adalah Batu kuda, Oray Tapa, Batu Lonceng, Cikadut, Caringin Tilu, Situ Sangkuriang dan seterusnya.

Leave a Reply