Parongpong, Kawasan Wisata Bandung Barat Terbesar

Wisata di Bandung Barat

Wisata di Bandung Barat | Foto : tipsjalan. (com)

Kegiatan wisata Bandung Barat sebenarnya tak jauh beda dengan kegiatan wisata di wilayah Bandung lain yang lebih mengeksplorasi panorama alam sebagai daya tariknya. Hal ini wajar, mengingat keindahan alam Bandung memang merupakan aset paling dominan dalam kegiatan wisata. Singkatnya, wisata alam bisa ditemui di wilayah Bandung mana pun, termasuk di dalamnya Bandung kota.

Wisata Bandung Barat yang berbasis alam bisa dikatakan terpusat di wilayah Parongpong. Di wilayah ini, wisatawan bisa mengunjungi puluhan objek wisata, termasuk wisata kuliner dan taman bermain. Beberapa lokasi wisata yang berada di wilayah parongpong antara lain:

Objek Wisata Air Terjun

Objek Wisata Air Terjun | Foto : www.antaranews. (com)

1. Wisata alam berupa curug, yang terdiri dari curug Cimahi, Curug Panganten dan seterusnya.

2. Wisata alam yang berupa taman bermain semisal, Ciwangun Indah atau Kampung Gajah.

3. Wisata alam berupa agrowisata di Taman Bunga Cihideung

4. Wisata kuliner yang dipadukan dengan keindahan alam semisal Kampung Daun yang bertema hutan tropis atau Sapu Lidi yang bertemakan sawah.

5. Dan tempat wisata lainnya.

Gunung Puntang Bandung Selatan

Akses Menuju Tempat Wisata | Foto : redroseapple. (blogspot.com)

Beberapa tempat wisata yang telah disebutkan di atas, merupakan lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain karena keindahannya yang menawan, beberapa lokasi di atas memiliki aksesibilitas yang sangat baik. Aksesibilitas yang dimaksud tentu saja berhubungan dengan akomodasi, sarana dan prasarana hingga transportasi.

Cara menuju wilayah Parongpong pun sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dituju melalui beberapa cara. Namun cara yang paling mudah dan direkomendasikan yaitu melalui jalan Sersan Badjuri. Jalan ini bisa ditemui tepat di seberang terminal Ledeng di Jalan Setia Budhi, Bandung.

Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung | Foto : infotelanjang.t15. (org)

Melalui jalan ini, wisatawan tinggal mengikuti jalur ke atas hingga bertemu dengan Taman Bunga Cihideung sebagai check point paling mudah. Dikatakan paling mudah, karena wisatawan bisa menemui pohon-pohon hias di sepanjang jalan sebagai patokan telah mencapai Cihideung.

Mereka yang senang dengan tanaman hias, sangat direkomendasikan untuk berhenti baik untuk membeli atau sekadar melihat-lihat. Titik perhentian pun bisa dipilih, mulai dari pinggir jalan hingga green house di sepanjang jalur Cihideung.

Koleksi Tanaman di Taman Bunga Cihideung

Koleksi Tanaman di Taman Bunga Cihideung | Foto : lembangvilage.blogspot.com

Di wilayah ini, pengunjung atau wisatawan dipastikan akan terkesima dengan ragam koleksi bunga atau tanaman. Mulai dari koleksi baru yang sedang trend hingga koleksi lama dan langka. Uniknya koleksi yang dipajang, ditawarkan dengan harga yang sangat miring dan masih bisa ditawar.

Dari Cihideung, wisatawan bisa melanjutkan ke tempat-tempat wisata Bandung Barat lainnya, sesuai dengan selera dan keinginan.

Leave a Reply