Cara Mudah Menentukan Peta Wisata Bandung

Peta Wisata Bandung

Peta Wisata Bandung | Foto : www.sukabumi. (in)

Menentukan peta wisata Bandung, sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Sebagaimana pemetaan, wilayah adalah kunci utama dalam menentukan peta wisata di Bandung. Karenanya, cara paling mudah untuk menentukan peta wisata tersebut adalah dengan mengetahui terlebih dahulu keadaan Bandung berdasarkan pembagian wilayahnya.

Sebagai informasi, secara umum Bandung terbagi atas 5 wilayah utama yaitu Bandung Timur, Barat, Utara, Selatan dan Bandung Tengah sebagai pusat wilayah yang dalam kegiatan pariwisata kerap diidentikkan dengan wilayah Bandung Kota.

Peta Pembagian Wilayah Bandung

Peta Pembagian Wilayah Bandung | Foto : www.bandungview. (info)

Pembagian Bandung berdasarkan 5 wilayah tersebut, akan sangat berkaitan dengan wilayah administratif yang terbagi berdasarkan kelurahan, kecamatan hingga kabupaten dan kota. Karenanya, sangat wajar jika pembuatan peta wisata Bandung berdasarkan wilayah tersebut dikatakan bukan hal yang mudah, mengingat setiap wilayah memiliki ragam potensi wisata yang tersebar di banyak tempat.

Maka dari itu, kategori wisata sangat diperlukan untuk bisa menghubungkan antara kegiatan wisata, potensi wisata dan wilayah kepariwisataan di Bandung. Berkaitan dengan kategori wisata, masyarakat luas sebenarnya telah mengenal beberapa istilah dalam kategori wisata seperti wisata alam, wisata edukasi dan sejarah, wisata kuliner, wisata belanja dan semacamnya. Dengan kategori inilah pemetaan wisata di Bandung bisa dibuat dengan sangat mudah.

Wilayah Bandung Tengah

Wilayah Bandung Tengah | Foto : www.indotravelers. (com)

Berikut adalah beberapa peta wisata berdasarkan kategori umum yang ada di 5 wilayah Bandung.

1. Wilayah Bandung Tengah secara umum lebih memiliki potensi kepariwisataan dalam kategori;

  • Wisata edukasi dan sejarah semisal museum, bangunan bersejarah, kebun binatang dan seterusnya.
  • Wisata Belanja berupa distro, factory outlete, pertokoan dan pusat perbelanjaan murah dengan harga grosir, sentra produksi dan seterusnya.
  • Wisata kuliner berupa restoran, cafe, warung makan dan pusat jajanan.
  • Wisata alam semisal kebun binatang, taman kota dan hutan kota.
Bandung Timur

Bandung Timur | Foto : boemikiranamargahayu.wordpress. (com)

2. Wilayah Bandung Timur bisa dikatakan sebagai wilayah dengan potensi wisata yang tidak atau belum berkembang. Potensi wisata di wilayah ini adalah wisata alam di ketinggian, wisata budaya semisal kesenian tradisional Benjang di Cigending, wisata belanja pakaian bekas di Gede Bage (Cimol).

3. Wilayah Bandung Barat yang memiliki potensi kepariwisataan dalam kategori wisata alam di banyak tempat semisal parongpong, wisata edukasi di Bumi Parahyangan.

Bandung Barat

Bandung Barat | Foto : voicesfidz.wordpress. (com)

4. Wilayah Bandung Utara bisa dikatakan sebagai pusat wisata alam yang pertama kali berkembang di Bandung dengan wilayah Lembang dan Tangkuban Parahu sebagai pusat kegiatan wisata terbesarnya. Di wilayah ini, terdapat juga kategori turunan dari wisata alam seperti agrowisata yang meliputi pertanian dan peternakan. Selain wisata alam, wisata belanja dan kuliner pun telah berkembang dengan sangat pesat.

5. Wilayah Bandung Selatan tak jauh beda dengan Bandung Utara yang lebih menampilkan alam sebagai potensi wisatanya.

Itulah beberapa peta wisata Bandung yang bisa Anda kunjungi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply