Beberapa Objek dan Kegiatan Wisata Bandung Utara yang Wajib Diketahui

Wisata Bandung Tangkuban Perahu

Wisata Bandung Utara | Foto : mouse96.blogspot. (com)

Objek wisata Bandung Utara, bisa dikatakan sebagai wisata alam pertama dan terbesar di wilayah Bandung. Kehadiran objek wisata di wilayah ini, telah hadir jauh sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Faktanya bisa dilihat dari pembukaan Kawah Tangkuban Parahu sebagai objek wisata sejak era kolonial. Karenanya, sangatlah wajar jika Tangkuban Parahu dianggap sebagai salah satu ikon wisata terbesar, bukan hanya di wilayah Bandung tapi di Jawa Barat.

Secara geografis, Bandung Utara berada di ketinggian lebih dari 1000 mdpl. Ketinggian seperti ini, secara langsung menghasilkan bentang alam dengan kemiringan tertentu. Bentang alam seperti ini, tentu saja berpengaruh terhadap iklim yang pada akhirnya menghasilkan vegetasi alami yang tumbuh di lereng-lereng bukit dan punggungan gunung. Vegetasi utama yang tumbuh di kawasan Bandung Utara adalah hutan pinus yang rapat, luas dan sekaligus menjadi hutan produksi.

Hutan Pinus di Bandung

Hutan Pinus di Bandung | Foto : wisata.kompasiana. (com)

Dalam kegiatan wisata, keberadaan hutan pinus ini dianggap sebagai potensi unik yang tidak dimiliki tempat lain. Karenanya wajar, jika hutan atau pohon pinus akan ditemui hampir di semua tempat wisata Bandung Utara. Salah satu tempat wisata yang benar-benar menyajikan pemandangan hutan pinus adalah Jayagiri Lembang yang letaknya tepat di bawah Tangkuban Parahu.

Selain keberadaan hutan pinus, struktur masyarakat di wilayah Bandung Utara yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak ini pun, secara tegas telah membentuk karakteristik wisata tersendiri di wilayah ini. Kehadiran agro wisata berbasis pertaian dan peternakan di Jawa Barat, bisa dikatakan muncul dan berkembang untuk pertama kalinya di wilayah Bandung Utara.

tourismbali.wordpress.com

tourismbali.wordpress.com | Foto : tourismbali.wordpress. (com)

Kegiatan agro wisata di wilayah ini sama halnya dengan wisata lainnya yang fokus pada sayuran dan peternakan. Untuk peternakan, satu hal yang unik di wilayah ini adalah peternakan kelinci yang bukan hanya dijadikan sebagai hiasan tetapi juga sebagai komoditas konsumsi.

Di bidang kuliner, wilayah bandung Barat pun memiliki beragam lokasi yang kaya dengan wisata kuliner. Penggabungan antara kuliner dan alam adalah fenomena yang biasa ditemui di wilayah ini. Beberapa lokasi kuliner yang bisa dikunjungi tersebar mulai dari wilayah Pakar hingga Lembang.

Tempat Wisata Bandung Lembang

Tempat Wisata Bandung Lembang | Foto : anekatempatwisata.com

Bahkan lokasi kuliner pinggir jalan pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk kuliner pinggir jalan, wisatawan bisa menikmati sajian unik khas wilayah ini semisal sate kelinci, jagung bakar atau ketan bakar.

Demikianlah pembahasan mengenai wisata Bandung Utara, semoga bermanfaat.

Leave a Reply