Wisata Alam di Bandung Menyusuri TAHURA Menuju Maribaya

Wisata Alam di Bandung

Wisata Alam di Bandung | Foto : disparbud.jabarprov.go.id

Wisata alam di Bandung bisa dinikmati dengan beragam cara, salah satunya adalah hiking atau berjalan di wilayah pegunungan. Tak perlu jauh untuk menikmati wisata ini, cukup mengunjungi dago Pakar dan masuk ke area Tahura (Taman Hutan Raya) Juanda. Di lokasi ini, kita bisa menikmati hiking sambil melihat keindahan alam yang masih asri.

Ada beberapa jalur hiking yang bisa ditempuh dari tempat ini, menyusuri daerah aliran sungai dari hulu Cikapundung menuju PLTA, Curug Dago dan berakhir di Babakan Siliwangi. Atau menembus goa Belanda untuk menyusuri jalan bebatuan yang menuju ke Maribaya.

Jalan di Sepanjang Taman Hutan Raya

Jalan di Sepanjang Taman Hutan Raya | Foto : goldoriole.blogspot.com

Jalur pertama, kita akan banyak bertemu dengan pemukiman penduduk, jalan setapak yang hanya muat satu orang, chek dam dan berakhir dengan jalan terpavingisasi sebelum sampai di tujuan akhir. Namun, yang direkomendasikan adalah jalur kedua.

Di jalur ini kita akan menemukan pemandangan alam Bandung yang benar-benar di luar dugaan. Di beberapa tempat kita akan melihat undakan sungai yang membentuk air terjun kecil. Jalannya cukup besar, namun demikian, medannya cukup sulit terutama jika dilalui saat musim penghujan. Pengunjung akan menemui medan licin dan sedikit berlumpur di beberapa bagian jalan. Namun jangan takut, medan yang dilalui sama sekali aman dan tak mungkin membuat nyasar.

Jasa Ojek di Taman Hutan Raya Ir. Juanda

Jasa Ojek di Taman Hutan Raya Ir. Juanda | Foto : jotravelguide.com

Di beberapa tempat wisata alam di Bandung, kita mungkin akan menemukan beberapa penduduk yang menawarkan jasa ojek. Jasa ini banyak digunakan oleh mereka yang tak sabar dengan kondisi jalanan. Padhlal waktu tempuh yang dibutuhkan untuk hiking sampai ke Maribaya hanya sekitar 1,5-2.5 jam, tergantung kecepatan dan kondisi fisik.

Penangkaran Rusa Tutul di Taman Hutan Raya Ir. Juanda

Penangkaran Rusa Tutul di Taman Hutan Raya Ir. Juanda | Foto : tempatwisatadi.net

Di salah satu spot, kita bisa menyaksikan penangkaran rusa tutul, budidaya lebah atau indahnya keajaiban alam Bandung berupa patahan Lembang. Konon, patahan inilah yang memiliki tanggung jawab utama dalam penciptaan wajah Bandung. Meski panorama Bandung sebenarnya ditentukan oleh beragam faktor alami. Atau jika ingin sekadar beristirahat, beberapa warung tradisional yang berdiri di samping lembah kiranya bisa memberikannuansa tersendiri.

Jalur yang dilalui ini, akan berakhir di Curug Omas, salah satu curug terbesar yang ada di wilayah Maribaya, Lembang. Kendati demikian, Curug Omas masih masuk dalam kawasan Tahura. Tak jauh dari curug omas, kita akan menemukan pintu 4 sebagai pintu keluar Tahura menuju Maribaya. Di Maribaya, Anda bisa memilih beragam tujuan, mulai dari bersantai, berendam di kolam pemandian air panas atau kembali melanjutkan perjalanan melihat pemandangan air terjun.

Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung

Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung | Foto : paketours.blogspot.com

Karena melakukan wisata alam di Bandung yang satu ini memerlukan waktu yang cukup panjang dengan jarak yang cukup jauh, sebaiknya pengunung menggunakan perlengkapan hiking. Satu hal yang paling utama adalah, pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan umum, sebab jika disimpan di pintu masuk konsekuensinya tentu harus melalui jarak dan waktu yang berlipat. tertarik untuk berwisata murah menikmati alam kota Bandung?

Leave a Reply