Pembangunan Kota Bandung Diarahkan ke Gedebage

Pembangunan Kota Bandung

Pembangunan Kota Bandung | Foto : m.tribunnews.com

Pembangunan kota Bandung yang tampak saat ini, semakin jelas mengarah ke Gedebage. satu wilayah di Bandung Timur ini digadang-gadang akan menjadi kota Bandung masa depan. Buktinya beragam fasilitas dan sarana modern rencananya akan dibangun di wilayah ini.

Sebut saja satu dari sekian banyak rencana pembangunan yang sudah terealisasi adalah Stadion Bandung Lautan Api Gede Bage. Stadion yang masuk dalam standard internasional ini, merupakan stadion tercanggih dan termegah di Pulau Jawa. Keberadaan stadion ini, secara kasat mata tentunya akan memancing pertumbuhan dan pembangunan sarana juga prasarana lain di sekitarnya.

Pembangunan Sarana dan Prasarana Yang Megarah ke Gedebage

Bisnis Property Hampir Menguasai Kawasan Gedebage Bandung

Bisnis Property Hampir Menguasai Kawasan Gedebage Bandung | Foto : rumahdijual.com

Warga Bandung, mungkin sering mendengar bahwa mulai tahun 2015 mendatang, Bandung akan membangun monorail. Monorail ini akan menjadi monorail pertama di Bandung dan Jawa Barat. Namun, tahukah ke mana jalur monorail ini mengarah dan apa alasannya? Kiranya tak semua orang tahu atau paham.

Sebagai gambaran, monorail ini akan mengarah dan melintasi Gedebage. Gambaran ini sekaligus memberikan alasan yang kuat bahwa pembangunan Bandung di masa depan memang mengarah ke wilayah Bandung Timur ini. Satu hal lain yang sedang hangat diperbincangkan, Walikota Bandung secara terang-terangan justru akan memindahkan pusat kota Bandung ke Gedebage.

Rancangan Mesjid Terapung

Rancangan Mesjid Terapung | Foto : www.tumblr.com

Itu berarti akan banyak sarana dan prasarana yang akan dibangun di wiayah ini. Bukti lain tentang pembangunan di wilayah ini yang semakin hangat dibicarakan adalah pembangunan mesjid terapung di atas danau buatan yang berfungsi sebagai kanal penampung banjir.

Berdasarkan informasi yang berkembang, semua pembangunan Kota Bandung dan persiapan wilayah Gedebage sebagai pusat kota Bandung, akan dimulai pada 2015 mendatang. Yang lebih mengejutkan, berbagai perusahaan besar berstandard internasional, telah siap membantu dalam pembangunan kawasan ini.

Gedebage Digadang-gadang Menjadi Kawasan Teknopolis

Gedebage Digadang-gadang Menjadi Kawasan Teknopolis | Foto : summarecon-bandung.blogspot.com

Bukan Hanya itu, Amerika Serikat sebagai kekuatan ekonomi terbesar di dunia pun, dikabarkan tertarik untuk menyulap Gedebage menjadi kota modern dengan konsep teknopolis. Jika ketertarikan ini benar-benar terwujud dalam sebuah kerjasama, maka bisa dipastikan jika kota Bandung di masa depan akan menjadi kota berbasis teknologi, informasi, inovasi dan ilmu pengetahuan pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

Berdasarkan sedikit ulasan di atas, kiranya wajar jika pembangunan kota Bandung saat ini semakin mengarah ke Gedebage. Lalu, apakah warga Bandung siap menerima dan mendukung kenyataan bahwa pusat kotanya akan pindah ke Gedebage? Jawabannya tentu saja bukanberkaitan dengan kesiapan dan dukungan warga, melainkan kesadaran Bandung perihal pemerataan pembangunan.

Leave a Reply