Tips Jalan-Jalan Puas Mengelilingi Kota Bandung Dalam Waktu 5 Jam

Wisata di Kota Bandung

Wisata di Kota Bandung | Foto : disparbud.jabarprov.go.id

Mengelilingi kota Bandung, kiranya tak akan cukup waktu seharian. Hal itu sangatlah benar mengingat kota ini merupakan kota yang memiliki banyak lokasi sebagai destinasi wisata. Terutama jika dikaitkan dengan wisata belanja, maka wisatawan umumnya tak sadar telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk kegiatan belanja. Belum lagi kemacetan kota yang seolah sudah dianggap sebagai hal biasa di kota ini.

Bagi mereka yang memiliki banyak waktu saat berlibur di kota kembang ini, hal tersebut bukanlah masalahutama. Namun, bagaimana dengan merekayang memang memiliki keterbatasan waktu? Untuk mengatasi hal ini, manajemen waktu atau manajemen perjalanan kiranya menjadi perhatian penting. bukan tak mungkin, wisatawan bisa mengelilingi kota Bandung dengan sepuasnya hanya dalam waktu 5 jam. Bagaimana cara memenej waktu tersebut, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Mengelilingi Jalan di Kota Bandung

Mengelilingi Jalan di Kota Bandung | Foto : wisatasejarah.wordpress.com

1. Rencanakan Tujuan di Jauh Hari

Merencanakan tujuan berarti kita telah tahu tempat mana saja yang akan dikunjungi saat berwisata ke kota Bandung. sebagaimana diketahui, bahwa Bandung memiliki banyak potensi wisata, mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata edukatif, wisata sejarah, wisata kuliner dan seterusnya.

Karena tips ini berkaitan dengan kota Bandung, maka sebaiknya pengunjung memilih beberapa tempat di kota Bandung yang dianggap paling ingin dikunjungi. Semisal, perpaduan antara wisata belanja dan wisata kuliner, pengunjung bisa memilih Dago dan Jalan Riau sebagai lokasi.

Kawasan Dago Kota Bandung

Kawasan Dago Kota Bandung | Foto : rineriner.blogspot.com

Dari lokasi ini pun, pengunjung masih bisa melakukan wisata sejarah atau edukasi dengan mengunjungi gedung-gedung tua di wilayah Braga hingga Alun-alun. Namun demikian, pengunjung harus konsisten dengan waktu. Agar bisa mengunjungi semua tempat sebaiknya waktu yang ditetapkan maksimal 1 jam untuk setiap kunjungan.

2. Penginapan

Penginapan adalah hal paling penting yang harus direncanakan jauh sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan banyak alasan semisal, penginapan yang selalu penuh jika tak melakukan booking, terbuangnya waktu hanya untuk mencari lokasi penginapan dan sebagainya. Untuk efisiensi, sebaiknya memilih penginapan yang berdekatan dengan tujuan wisata.

Sebuah Penginapan di Bandung

Sebuah Penginapan di Bandung | Foto : dinamahdinanur.blogspot.com

3. Moda Transportasi

Bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi, kiranya tak terlalu merisaukan masalah transportasi ini. Namun, bagi mereka yang sengaja menggunakan transportasi umum, hal ini kiranya harus dipikirkan matang-matang, bahkan pengunjung sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan semisal bloging atau googling.

Karenanya, moda transportasi umum kiranya harus juga disesuaikan dengan destinasi dan penginapan. Jangan sampai pengunjung memilih penginapan yang banyak dilalui kendaraan umum, namun sangat sedikit yang melintasi destinasi wisata. Atau sebaliknya, mudah untuk mencapai lokasi namun sulit mencari kendaraan untuk pulang ke penginapan.

Bus Bandros - Trayek Wisata Gratis Bandung

Bus Bandros – Trayek Wisata Gratis Bandung | Foto : www.tempo.co

Bagaimana, tertarik untuk mengelilingi kota Bandung dalam waktu yang terbatas?

Leave a Reply