Wisata Hutan Dan Air Hangat di Keheningan Punceling Bandung

Objek Wisata Punceling Bandung

Objek Wisata Punceling Bandung | Foto : ekotur2.wordpress.com

Punceling, pernahkan Anda mendengar wahana wisata ini? jika belum pernah mendengar atau pernah mendengar namun tak tahu lokasinya bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Alasannya, lokasi ini bisa dikatakan tersembunyi sekali pun masuk dalam area wisata yang paling ramai di wilayah Bandung.

Namun, bagaimana jika pertanyaannya lokasi wisata di Ciwidey? Jawabannya mungkin akan merujuk pada beberapa objek wisata terkenal seperti Ranca Upas, Kawah Putih, Ranca Bali, Cimanggu hingga ke Situ Patengan. Atau sesuatu yang berkaitan dengan wisata memetik strawberry. Padahal, di wilayah ini ada satu tempat wisata yang nyaman, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk sekali pun pintu masuknya selalu dilewati untuk menuju tempat wisata di atas.

Objek Wisata Ciwidey Bandung

Objek Wisata Ciwidey Bandung | Foto : malicemrc.wordpress.com

Ya, pintu masuk Punceling memang berada sebelum Ranca Upas. Artinya, objek wisata ini seharusnya menjadi objek pertama yang bisa dikunjungi di wilayah Ciwidey. Pertanyaan utamanya adalah, mengapa Punceling tidak begitu terkenal sebagai objek kunjungan wisata?

Objek Wisata Ranca Upas Bandung

Objek Wisata Ranca Upas Bandung | Foto : sagaraoutdoor.blogspot.com

Alasannya tentu saja beragam dan salah satu alasan yang paling masuk akal adalah pintu masuk menuju lokasi bisa dikatakan berada di tikungungan dengan medan menanjak, bahkan menjorok ke dalam.  Sehingga wajar jika pintu masuk menuju lokasi tidak terlihat oleh para wisatawan. Terlebih dengan lokasinya yang ‘nanggung’.

Apa yang Ada di Punceling?

Objek Wisata Air Panas Punceling

Objek Wisata Air Panas Punceling | Foto : beautifulindonesiaandpeace.blogspot.com

Seperti halnya yang ditawarkan objek wisata lain di wilayah Ciwidey, panorama alam dan pemandian air panas adalah objek utama yang ditawarkan pada wisatawan. Bedanya, kolam air panas di lokasi ini adalah kolam air panas terbuka yang benar-benar berada di tengah hutan.

Bagi mereka yang menginginkan suasana sepi dan nyaman, lokasi ini sangat cocok untuk melepas lelah dan kejenuhan. Hal ini wajar, mengingat lokasi masih cukup jauh dari pintu masuk. Pengunjung harus melalui ratusan meter jalan berbatu sebelum mencapai loasi. Dengan jarak seperti ini, praktis pengunjung akan memasuki area hutan.

Rute Menuju Punceling

Rute Menuju Punceling | Foto : ciwideyindah.blogspot.com

Namun jangan takut untuk tersasar, sebab akses menuju ke lokasi hanya satu ruas jalan yang berakhir di lapangan parkir. Lokasi kolam renang sendiri sebenarnya berada sebelum lapangan parkir. Untuk mencapai kolam, pengunjung harus melalui beberapa undakan anak tangga.

Karena lokasinya terbilang jauh dari keramaian, jangan harap menemukan fasilitas pendukung seperti di tempat lainnya. namun demikian, berendam di kolam air panas tengah hutan yang sepi dari keramaian, tentunya akan memberikan sensasi tersendiri. Tertarik untuk mencoba? Datang saja ke Punceling.

One Response

  1. tomy

Add Comment