Oray Tapa, Objek Wisata Alam Di Bandung Timur

Oray Tapa

Oray Tapa | Foto : www.wisatabandung.co.id

Oray Tapa sebagai salah satu objek wisata alam di wilayah Bandung, kiranya memiliki nasib yang tak sebaik objek wisata di wilayah Bandung lainnya. Disadari atau tidak, hal ini sebenarnya berlaku untuk sebagian besar objek wisata alam yang tersebar di Bandung Timur.

Namun, pandangan di atas kiranya hanya berlaku untuk penikmat wisata alam dengan sarana dan fasilitas lengkap. Beda halnya dengan mereka yang masuk dalam golongan penikmat alam tanpa mempedulian fasilitas. Artinya mereka yang datang ke tempat wisata alam, benar-benar ingin menikmati sajian keindahan alam.

Pernyataan di atas tidak sepenuhnya juga benar. Hal itu tentu saja berkaitan dengan fasilitas yang baru saja didirikan beberapa tahun yang lalu, semisal MCK, Mushola, Warung dan tentunya Tiket Box sebagai bukti pengembangan dan perawatan area wisata pada umumnya.

Keunikan

Hutan Pinus di Kawasan Oray Tapa

Hutan Pinus di Kawasan Oray Tapa | Foto : id.worldmapz.com

Sebagai objek wisata alam, keunikan utama yang dipamerkan di Oray Tapa ini tentu saja panorama alamnya. Lokasi yang sebenarnya merupakan hutan pinus ini seringkali dijadikan kunjungan para penggiat alam bebas. Namun demikian, lokasi ini sebenarnya ditujukan bagi masyarakat umum yang memang ingin menyaksikan keindahan alam.

Mengunjungi tempat ini, kita akan dibuai oleh panorama indah Bandung di Ketinggian. Sejauh mata memandang, kita bisa menyaksikan seperti apa cekungan Bandung dengan aktivitas yang seolah tak pernah mati.

Kawasan Oray Tapa

Kawasan Oray Tapa | Foto : www.vilaistanabunga.biz

Ditambah juga aktivitas dari warga setempat yang lebih banyak menggantungkan hidup pada kegiatan bercocok tanam. Hal itu bisa dengan jelas terlihat, bahwa di sekitar lokasi dikelilingi oleh kebun-kebun warga.

Jika cuaca sedang bersahabat, keindahan alam akan semakin bertambah. Di lokasi yang sebenarnya tidak terlalu tinggi ini, sekitar 700 mdpl, pemandangan ajaib dan langka bisa kita dapatkan. Pemandangan tersebut adalah tertutupnya cekungan Bandung oleh hamparan awan putih, sementara kita masih bisa melihat langit. Pemandangan tersebut seolah-olah mengingatkan kita pada sebuah lagu Negeri di Awan.

Pemandangan Gunung dari Oray Tapa

Pemandangan Gunung dari Oray Tapa | Foto : www.gopixpic.com

Sebagai informasi, pemandangan langka seperti ini, lazimnya didapat dari puncak-puncak gunung semisal Ciremai, Semeru, Salamet dan sebagainya. Namun bisa didapat dengan mudah tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Dengan demikian, pantaslah kiranya jika Oray Tapa dikatakan memiliki keunikan tersendiri. Tertarik untuk membuktikan seperti apa keunikan di tempat ini? Datang saja langsung ke Bandung.

Leave a Reply