Berfoto di Keindahan Alam Kawah Putih Yang Memikat

Kawah Putih

Kawah Putih | Foto : anekatempatwisata.com

Kawah Putih, siapa yang tak mengenalnya? Pertanyaan tersebut kiranya bukan lagi pertanyaan yang harus dijawab, melainkan sudah menjadi pernyataan yang sama sekali tak memerlukan jawaban. Hal itu sangatlah wajar mengingat jumlah kunjungan wisata ke tempat ini kian hari kian bertambah. Terlebih di hari libur atau weekend. Yang patut dibanggakan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini justru lebih banyak dari mereka yang berasal dari luar Bandung. Hal itu pun secara tegas bisa digunakan sebagai parameter yang menunjukkan bahwa kunjungan wisata ke Bandung, kian hari kian meningkat.

Lokasi

Lokasi Kawah Putih

Lokasi Kawah Putih | Foto : www.prides-online.com

Wahana wisata ini, sebenarnya merupakan salah satu objek dari sekian banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di wilayah Ciwidey dan sekitarnya. Lokasinya berada di Gunung Patuha dengan ketinggian kira-kira 2.434 mdpl. Ketinggian seperti ini, tentu saja memiliki suhu yang sangat dingin. Bahkan tak jarang, pada siang hari sekali pun lokasi diselimuti oleh kabut.

Untuk menuju lokasi, pengunjung harus melalui tiket box atau pintu gerbang. Dari pintu gerbang ini, pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan kurang lebih 30 menit dengan kondisi jalan yang menanjak. Tanjakannya bisa dibilang cukup ekstrim, di beberapa bagian mencapai kemiringan lebih dari 45 derajat.

Area Parkir Kawah Putih

Area Parkir Kawah Putih | Foto : yunitarahma.wordpress.com

Karenanya, bagi pengunjung yang benar-benar ingin menikmati suasana alam di kawah putih disarankan untuk memarkir kendaraannya dan menggantinya dengan moda transportasi umum yang disediakan oleh pihak pengelola. Hal ini bukannya tanpa alasan, mengingat banyak kejadian mobil yang mogok di tengah perjalanan karena tak mampu mengalahkan medan yang berat.

Suasana Alam

Suasana di  Kawah Putih

Suasana di Kawah Putih | Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com

Disebut kawah putih, kiranya sangat wajar mengingat keadaan alam di lokasi dipenuhi oleh tebing dan bebatuan berwarna putih. Warna air di kawahnya sendiri sebenarnya hijau agak toska. Warna seperti ini bisa digunakan sebagai parameter untuk menunjukkan tingkat keasaman yang tinggi.

Suasana Alam di  Kawah Putih

Suasana Alam di Kawah Putih | Foto : www.yukpegi.com

Di pesisir kawah, ditumbuhi oleh pepohonan yang tidak terlalu tinggi. Di banyak tempat ditemui juga batang-batang pohon yang mati dan meranggas namun masih menancap dengan kuat. Nuansa putih dan hijau yang dominan di tempat ini, seringkali menjadi latar yang menarik untuk kegiatan fotografi. Karenanya, tak heran jika lokasi ini seringkali dijadikan sebagai lokasi fotografi. Bukan hanya fotografer amatiran atau pengunjung yang ingin mengabadikan momennya di tempat ini. Lebih dari itu, keindahan Kawah Putih telah banyak mengundang fotografer dan model-model profesional.

Leave a Reply