Tebing Keraton – Tempat Hits di Kota Bandung

Tebing Keraton

Pemandangan dari Tebing Keraton | Foto : berjalanjalan.com

Satu lagi tempat wisata alam menakjubkan yang sedang “ngehits” di Bandung. Tempat wisata ini bernama Tebing Keraton atau Tebing Karaton (dalam Bahasa Sunda). Tebing Karaton adalah sebuah tebing yang menjadi tempat wisata popular di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat.

Diketinggian Tebing Keraton

Diketinggian Tebing Keraton | Foto : royjp88.blogdetik.com

Dari Tebing Karaton, Anda dapat menikmati pemandangan yang lain dari tempat wisata di Bandung. Bukan pemandangan lampu kota atau pemandangan Kota Bandung di atas bukit seperti Bukit Moko, melainkan pemandangan indah dari hutan yang ada disekitar Bandung.

Cara Menuju Tebing Keraton Bandung

Cara MenujuTebing Keraton

Cara MenujuTebing Keraton | Foto : www.pergidulu.com

Untuk bisa mencapai Tebing Karaton, Anda bisa mengambil jalur kearah Dago Pakar yang kemudian dilanjut menuju arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah sampai di gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, ambil jalan ke kanan. Dari sini Anda akan melewati rumah-rumah besar dan perkampungan penduduk.

Jalan Menuju Tebing Keraton

Jalan Menuju Tebing Keraton | Foto : willow-megumi.blogspot.com

Dari perkampungan penduduk, ini Anda akan melihat sebuah warung yang bernama “Warung Bandrek” atau Warban. Sampai disini, Anda masih harus memacu kendaraan melewati jalanan berbatu dan menanjak hingga pos teratas. Disini, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda, baik itu motor atau mobil. Untuk mencapai Tebing Keraton itu sendiri, Anda cukup berjalan kaki sekitar 5 menit.

Pemandangan di Tebing Keraton Bandung

View Tebing Keraton

View Tebing Keraton | Foto : www.pergidulu.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Tebing Karaton berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dengan begitu, tentu dari tebing ini Anda dapat menyaksikan pemandangan hijaunya Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas sejauh mata memandang.

Matahari Terbit di Tebing Keraton

Matahari Terbit di Tebing Keraton | Foto : www.pergidulu.com

Pemandangan lebih indah lagi jika Anda datang ke tempat ini sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 6 pagi. Ketika  itu, Anda bisa melihat Kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Pemandangan akan terasa lebih indah lagi ketika matahari terbit di balik bukit yang muncul di sebelah timur.

Keelokan Tebing Keraton

Keelokan Tebing Keraton | Foto : fxmuchtar.blogspot.com

Untuk berkunjung ke Tabing Keraton ini, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, seperti jaket atau baju hangat untuk menghalau udara dingin di Tabing Keraton. Selain itu, pastikan untuk membawa minuman dan bahan bakar kendaraan Anda terisi full. Jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar jika Anda ragu ketika memilih jalan untuk mencapai tempat ini. Bagi Anda yang ingin mencoba ke Tebing Keraton, disarankan untuk menggunakan motor. Hal ini dikarenakan jalanan untuk mencapai tempat ini belum terlalu bagus.

Leave a Reply