Mengabadikan Cinta Lewat Monumen Gembok Cinta Bandung

16 Likes 2 Comments
Monumen Gembok Cinta Bandung

Bandung di usianya yang ke 204 tahun ini banyak mengalami perubahan. Berbagai program dan inovasi yang dilakukan untuk memajukan Kota Bandung ini menjadi lebih berkembang. Di bawah pemerintahan Ridwan Kamil dan Oded. M. Danial, Bandung menjadi kota dengan berbagai macam program dilakukan untuk meningkatkan index of happiness warganya.

Seperti yang sudah banyak diketahui, berbagai agenda dan inovasi di Bandung dibuat demi kemajuan Kota Bandung. Mulai dari Senin gratis Damri, Selasa tanpa rokok, Rebo Nyunda (Rabu Berbahasa Sunda), Kamis Inggirs, Jumat bersepeda, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga taman-taman tematik dibangun untuk memperluas lahan publik bagi masyarakatnya. Nah, di antara banyaknya program dan inovasi tersebut, baru-baru ini telah dibangun Monumen Gembok Cinta yang terletak di Balai Kota Bandung.

Monumen Gembok Cinta ini diresmikan bersamaan dengan Taman Balai Kota Bandung. Di sini, warga Bandung diperbolehkan untuk “menggembokkan” cintanya di monumen yang bertuliskan LOVE tersebut.

Menurut Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat ini, monumen gembok cinta dibangun selain sebagai langkah meningkatkan index of happiness juga diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bandung.

Ridwan Kamil juga menambahkan, warga bebas memasangkan gembok cintanya di monumen tersebut dan melemparkan kunci gemboknya ke dalam kolam dekat patung Badak Putih. Patung Badak Putih ini masih berada di kawasan Kantor Walikota Bandung. Hal ini dilakukan sebagai symbol cinta abadi yang tidak bisa dipisahkan, seperti gembok yang terdapat pada monumen tersebut.

Monumen gembok cinta ini baru selesai diresmikan pada Jumat minggu lalu (19/9/2014), sehingga baru beberapa gembok yang terpasang pada monumen tersebut. Salah satu gembok yang tergantung pada monumen cinta tersebut adalah gembok milik Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Diharapkan dengan adanya monumen gembok cinta ini, masyarakat Kota Bandung mendapat referensi tempat wisata di dalam kota. Selain itu, minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung semakin meningkat. Tidak hanya untuk berwisata belanja, tetapi juga berwisata di ruang-ruang publik yang ada di Kota Bandung.

You might like

2 Comments

  1. Berhala cinta…, mengajarkan kemusyrikan pada generasi muda, inikah contoh kedunguan manusia yang menamakan dirinya modern? menipu diri sendiri, membuat simbol-simbol, lalu menautkan harapan cinta melalui gembok yang terpasang padanya, seperti kaum nabi Ibrahim yang membuat patung lalu ditautkan harapan padanya… naudzubillahimindzalik…

  2. Sya pernh berkunjung di gembok cinta bandung, sma pacar sya,,, tp dia skrang prgi tingglin sya dan mlih cwek lain sya mnta penjelsan trimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *