Mengabadikan Cinta Lewat Monumen Gembok Cinta Bandung

Monumen Gembok Cinta

Monumen Gembok Cinta | Foto : id.berita.yahoo.com

Bandung di usianya yang ke 204 tahun ini banyak mengalami perubahan. Berbagai program dan inovasi yang dilakukan untuk memajukan Kota Bandung ini menjadi lebih berkembang. Di bawah pemerintahan Ridwan Kamil dan Oded. M. Danial, Bandung menjadi kota dengan berbagai macam program dilakukan untuk meningkatkan index of happiness warganya.

Seperti yang sudah banyak diketahui, berbagai agenda dan inovasi di Bandung dibuat demi kemajuan Kota Bandung. Mulai dari Senin gratis Damri, Selasa tanpa rokok, Rebo Nyunda (Rabu Berbahasa Sunda), Kamis Inggirs, Jumat bersepeda, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga taman-taman tematik dibangun untuk memperluas lahan publik bagi masyarakatnya. Nah, di antara banyaknya program dan inovasi tersebut, baru-baru ini telah dibangun Monumen Gembok Cinta yang terletak di Balai Kota Bandung.

Monumen Gembok Cinta di Bandung

Monumen Gembok Cinta di Bandung | Foto : regional.kompas.com

Monumen Gembok Cinta ini diresmikan bersamaan dengan Taman Balai Kota Bandung. Di sini, warga Bandung diperbolehkan untuk “menggembokkan” cintanya di monumen yang bertuliskan LOVE tersebut.

Menurut Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat ini, monumen gembok cinta dibangun selain sebagai langkah meningkatkan index of happiness juga diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bandung.

Ridwan Kamil Menggembokkan Cintanya Untuk Sang Istri

Ridwan Kamil Menggembokkan Cintanya Untuk Sang Istri | Foto : www.klik-galamedia.com

Ridwan Kamil juga menambahkan, warga bebas memasangkan gembok cintanya di monumen tersebut dan melemparkan kunci gemboknya ke dalam kolam dekat patung Badak Putih. Patung Badak Putih ini masih berada di kawasan Kantor Walikota Bandung. Hal ini dilakukan sebagai symbol cinta abadi yang tidak bisa dipisahkan, seperti gembok yang terdapat pada monumen tersebut.

Peresmian Gembok Cinta Bandung

Peresmian Gembok Cinta Bandung | Foto : www.tempo.co

Monumen gembok cinta ini baru selesai diresmikan pada Jumat minggu lalu (19/9/2014), sehingga baru beberapa gembok yang terpasang pada monumen tersebut. Salah satu gembok yang tergantung pada monumen cinta tersebut adalah gembok milik Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Diharapkan dengan adanya monumen gembok cinta ini, masyarakat Kota Bandung mendapat referensi tempat wisata di dalam kota. Selain itu, minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung semakin meningkat. Tidak hanya untuk berwisata belanja, tetapi juga berwisata di ruang-ruang publik yang ada di Kota Bandung.

2 Comments

  1. kus March 22, 2016
  2. ningsih June 9, 2017

Leave a Reply