Bernostalgia dengan Bandung Tempo Dulu di Jalan Braga Bandung

braga

jalan Braga | Foto: www.travellist-tour.com

Suasana Bandung Tempo Dulu di Jalan Braga

Jalan Braga memiliki arti the place to see and to be seen di zaman dulu. Ini sesuai dengan nama Braga sendiri yang artinya bergaya atau nampang. Jalan Braga Bandung ini memiliki ruas jalan tidak terlalu panjang, hanya sekitar 700 meter saja  dengan deretan bangunan tua yang membuat suasana di sini menjadi semakin klasik.

braga-002

Braga Street | Foto: fadeyjevera.blogspot.com

Jalan Braga Bandung berada di pusat kota Bandung. letaknya berdekatan dengan jalan Asia Afrika. Jika diperhatikan, tata letak bangunan di sini mirip dengan bangunan pertokoan di Eropa. Jadi, ketika Anda berjalan di kawasan ini akan merasa sedang berada di kawasan jalan di Eropa. Di kawasan ini juga masih banyak pertokoan yang mempertahankan kekhasan bangunan dengan gaya arsitektur lama. Ini membuat kawasan ini menjadi semakin unik, klasik, dan romantic. Tak heran jika kawasan ini banyak dipilih oleh muda-muda untuk berfoto bahkan untuk berforo prewedding.

Hingga sekarang, jalan Braga menjadi kawasan perekonomian yang memiliki peranan penting. Di sini terdapat berbagai toko, perkantoran, hingga bank. Tapi, kondisi jalan Braga yang sekarang tidak seramai di masa lalu. Malah kawasan yang kini menjadi kawasan ramai adalah jalan Braga –Suniaraja. Meskipun begitu, hingga kini jalan Braga masih menjadi salah satu kawasan penting di Bandung.

Jalan Braga Tempo Dulu

braga bandung tempo dulu (5)

Braga tempo Dulu | Foto: unik247.blogspot.com

Jalan Braga Bandung ini awalnya merupakan sebuah jalan kecil bernama jalan Culik. Jalan ini hampir mirip dengan gang yang sepi. Wilayah ini juga terkenal sebagai jalan Pedati di tahun 1990. Namun, sayangnya kawasan ini dikenal sebagai kawasan yang rawan kriminalitas pada masa itu. Jalan Braga kemudian menjadi kawasan yang ramai karena banya usahawan Belanda yang membuka rumah makan, toko, dan bar di sini.

gedung-merdeka braga

Gedung Merdeka Braga | Foto: sepanjangjk.wordpress.com

Di jalan Braga kemudian dibangun gedung –gedung oleh pemerintah Belanda seperti Gedung Societeit Concordia  atau Gedung Merdeka, gedung perkantoran, Hotel Savoy Homann, dan sebagainya. Gedung-gedung inilah yang hingga kini masih bertahan dan menjadi cirri khas dari jalan Braga.

Itulah informasi tentang jalan Braga Bandung. semoga informasi ini menambah wawasan Anda.

Leave a Reply