Wisata Alam ke Gunung Puntang Bandung

Gunung Puntang Bandung

Gunung Puntang Bandung | Foto : bandungtrends.com

Dalam artikel kali ini, penulis akan berbagi informasi tentang wisata alam ke Gunung Puntang Bandung. Bagi Anda yang pernah mengunjungi kawasan Pangalengan, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Gunung Puntang ini. Seperti apa tempat wisata yang satu ini? Mari simak informasinya berikut.

Wista Alam ke Gunung Puntang Bandung

Lokasi Gunung Puntang

Gunung Puntang ini berada di kawasan Cimaung Banjaran, sekitar 17 km dari Kota Bandung. Untuk menuju kawasan ini, dari Kota Bandung Anda bisa menuju jalur Soreang atau jalur Banjaran. Tapi yang paling populer adalah jalur Banjaran karena terasa lebih dekat. Tapi, biasanya daerah Banjaran ini cukup macet apalagi di hari libur dan akhir pekan.

Dari jalan Raya Soreang Banjaran, Anda harus belok kiri menuju Pangalengan. Sekitar 5 atau 7 km dari jalan raya Banjaran ini akan ada plang yang memberikan petunjuk arah menuju Gunung Puntang. Setelah menemukan plang petunjuk menuju Puntang, Anda akan belok kiri. Dari pertigaan ini jaraknya hanya beberapa km saja. Kemudian Anda akan menemukan pos penjagaan. Di pos ini Anda akan membayar tiket masuk sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

Pemandangan di Gunung Puntang

Gunung Puntang Bandung ini sering dijadikan sebagai tempat perkemahan oleh mahasiswa atau pelajar yang melakukan kegiatan kemah. Tempat ini sering dipilih karena tempatnya yang tidak terlalu jauh. Selain digunakan untuk berkemah, Gunung Puntang juga sering digunakan sebagai tempat wisata alam. Di sini Anda akan menemukan goa Belanda, sungai, dan air terjun.

Bumi perkemahan ini letaknya sekitar 1 km dari pos penjagaan. Anda akan disuguhkan tebing yang cukup curam dengan pemandangan yang indah di sini, apalagi jika pemandangan sedang bersih. Tapi kadang pemandangan terhalang kabut tipis. Di bumi perkemahan ini Anda juga bisa rehat sejenak dan menikmati makanan serta minuan khas Bandung seperti bandrek atau sekadar kopi hangat. Bagi Anda yang ingin mengganjal perut, ada juga mie hangat.

Keindahan pemandangan alam di Gunung Puntang memang mampi mebiau siapapun yang mengunjunginya. Apalagi di malam hari. Lampu-lampu rumah di bawah gunung dan kota Bandung membuat suasana semakin indah dan romantic. Tak heran jika banyak orang yang kembali lagi berkemah di Gunung Puntang Bandung ini.

Bagaimana dengan Anda? Anda tertarik untuk mengunjungi Gunung Puntang Bandung ini? Tunggi apalagi? Segeralah agendakan bersama teman atau keluarga Anda.

Leave a Reply