Ini Dia Informasi Mengenai Beberapa Objek Wisata Alam di Bandung

Wisata Alam di Bandung

Wisata Alam di Bandung | Foto : herryfaizal.blogspot.com

Wisata alam di Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa juga berkaitan dengan wisata minat khusus. Wisata minat khusus sendiri sebenarnya lebih pada mengeksplorasi alam, ketimbang menikmati keindahan alam. bentuknya beragam, mulai dari penelusuran goa atau sungai, pendakian gunung, panjat tebing, camping ground atau sekadar menelusuri alam pertanian, perkebunan dan peternakan. Dengan kata lain wisata minat khusus ini tidak hanya memberikan kepuasan bagi pelaku wisata, tetapi juga memberikan edukasi terhadap pentingnya kelestarian alam.

Ini Dia Informasi Mengenai Beberapa Objek Wisata Alam di Bandung

Pegunungan

Dalam aktivitas alam bebas, kegiatan di pegunungan seringkali disebut dengan istilah mountaineering, sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan gunung. Beragam wisata pegunungan yang bisa didapat di Bandung antara lain:

1. Camping Ground atau yang lebih dikenal dengan Bumi Perkemahan (Buper) sangat banyak tersebar di ketinggian Bandung yang meliputi Bandung Utara, Selatan Timur dan Barat. Beberapa di antaranya adalah Oray Tapa, Batu Kuda, Cisarua Lembang, Buper Gunung Puntang, Ranca Upas dan sebagainya.

2. Kawah adalah objek wisata yang terkenal karena keeksotisannya. Objek wisata alam di Bandung yang bisa dikunjungi ini antara lain Kawah Tangkuban Parahu dan kawah Ratu atau Kawah Putih yang berada di sekitar wilayah Ciwidey.

3. Perkebunan yang juga banyak ditemukan di ketinggian Bandung, menjadi objek wisata unggulan akhir-akhir ini. terutama setelah berkembangnya budidaya strawberry di wilayah Lembang dan Ciwidey.

4. Danau dan Rawa, mungkin akan sangat aneh jika dikaitkan sebagai wisata pegunungan. Namun jangan salah, Bandung memiliki potensi alam yang jarang ditemukan di tempat lain. Semisal Ranca Upas sebagai rawa yang berada di pegunungan, lokasinya bisa ditemukan di wilayah Ciwidey. Atau situ Cileunca dan Situ Patengan yang memang berada di ketinggian.

5. Air Panas adalah wisata yang erat kaitannya dengan kawah atau gunung berapi. Beberapa pemandian air panas di Bandung bisa didapatkan di wilayah Ciwidey seperti, Cimanggu dan Ciwalini. Selain tempat pemandian yang telah dijadikan objek wisata tersebut, sebenarnya masih banyak lagi sumber air panas yang belum terkelola sebagai tempat wisata.

Wisata Adrenalin

Mungkin ini adalah istilah baru untuk menyebutkan wisata minat khusus. Wisata ini memang ditujukan untuk memicu adrenalin seperti panjat tebing di tebing Citatah 45 atau Citatah 150, downhill atau menuruni gunung dengan menggunakan sepeda, offroad dengan menggunakan mobil Land Roover atau Motor cross atau juga arung jeram di Sungai Citarum.

Di samping jenis-jenis wisata di atas, masih banyak lagi sajian wisata alam di Bandung lainnya. Penasaran? Mari Kunjungi Bandung.

Leave a Reply