Ini Dia Beberapa Objek Wisata Air Terjun Di Bandung

Wisata Air Terjun di Bandung

Wisata Air Terjun di Bandung | Foto : www.infobdg.com

Ada beberapa tempat wisata air terjun di Bandung yang bisa dikunjungi sebagai alternatif dari wisata alam. Letak air terjun atau curug ini, ada yang berada di Kota Bandung dan dekat dengan aktivitas kota, ada juga yang jauh di luar kota Bandung atau Kabupaten.

Ini Dia Beberapa Objek Wisata Air Terjun Di Bandung

Berikut adalah beberapa tempat wisata air terjun di Bandung yang diurut berdasarkan jarak tempuh terdekat.

Curug Dago

Curug ini sebenarnya merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda atau yang lebih dikenal dengan Dago Pakar. Namun demikian, antara Tahura dan Curug ini cukup jauh jika ditempuh melalui jalur biasa. Curug Dago sendiri letaknya dekat dengan terminal Dago, lebih dekat lagi dengan Kampus Pasca Sarjana dan D3 Unpad di yang masih satu area dengan Taman Budaya Dago Tea House. Keberadaannya memang sedikit tersembunyi, sebab pengunjung harus menuruni titian tangga yang culkup jauh di depan kampus Unpad Dago ini.

Curug Maribaya

Curug ini berada di lembang di wilayah yang dikenal dengan Maribaya. Bisa ditempuh dengan pasar Lembang sebagai patokan. Atau bisa juga melalui jalan tembus lain dari Goa Pakar (Tahura Ir. H. Djuanda). Melalui jalan ini, pengunjung akan menembus goa belanda lalu menyusuri jalan setapak yang mengarah langsung ke Maribaya.

Curug Cimahi

Berada di jalan Kol Masturi, Cisarua, Kabupaten bandung Barat. Wisata air terjun ini bisa ditempuh melalui Cihideung atau Jalan Sersan Badjuri Bandung hingga berakhir di terminal Parongpong. Keberadaannya memang tak jauh dari terminal Parongpong, meski demikian, curug setinggi 75 meter ini dikatakan sebagai curug yang masih terjaga kebersihannya. Curug lain yang lebih dekat dengan lokasi ini adalah Curug Parongpong.

Curug Cinulang

Curug ini berada di Bandung Timur, tepatnya di Cicalengka. Jaraknya memang cukup jauh dari kota Bandung. Patokan utama untuk mencapai curug ini adalah stasiun kereta api Cicalengka. Dari stasiun tersebut perjalan masih cukup jauh dengan kontur yang menanjak dan berliku. Namun di beberapa spot, sebelum mencapai curug ini, kita bisa menyaksikan keindahan Bandung Timur dari ketinggian.

Curug Siliwangi

Curug atau salah satu wisata air terjun di Bandung ini adalah curug yang sangat terkenal bagi mereka yang menyenangi olah raga alam bebas. Curug ini berada di area Gunung Puntang yang dijadikan sebagai bumi perkemahan. Dari bumi perkemahan, wisatawan bisa berjalan ke arah puncak selama 1-2 jam tergantung kondisi fisik. Setapak terjal dan curam, adalah rintangan utama yang harus ditaklukkan sebelum menikmati keindahan dan dinginnya air terjun di bebatuan andesit ini.


Add Comment