Waterpark, Alternatif Menikmati Wisata Air di Bandung

Wisata Air di Bandung

Wisata Air di Bandung | Foto : bandung.bisnis.com

Wisata air di Bandung mungkin akan sangat berkaitan dengan keberadaan kolam-kolam renang yang dibangun di wilayah ini. Hal itu wajar, mengingat wisata adalah kegiatan yang berkaitan dengan kepuasan, kegembiraan,  keriangan, kekeluargaan, hiburan atau rekreasi. Dan salah satu sarana rekreasi termurah bagi keluarga adalah berenang.

Jika ditelusuri melalui kacamata sejarah, Bandung ternyata memiliki banyak pemandian (kolam renang), meski pun saat ini, pemandian tersebut telah hilang akibat pembangunan yang tak memperhatikan aspek sejarah. Contohnya adalah pemandian Cihampelas yang baru beberapa saat lalu tergusur oleh pembangunan.

Pembangunan memang memiliki konsekuensi terhadap laju perkembangan sejarah. Konsekwensinya tentu saja bisa mengarah pada sesuatu yang baik atau mengarah pada sesuatu yang buruk semisal hilangnya bangunan tertentu. Terlepas dari hal yang buruk tersebut, berikut adalah beberapa objek wisata air di Bandung sebagai bentuk dari konsekuensi positif pembangunan.

Waterpark, Alternatif Menikmati Wisata Air di Bandung

Karang Setra

Lokasinya yang berada di ketinggian, Karang Setra adalah wahana wisata air terluas pertama di Bandung. Letaknya berada di Jalan Setra Sari, bisa ditempuh dengan menaiki Angkot Jurusan Cicaheum-Ledeng, Margahayu Raya-Ledeng, Bus Kota Leuwi Panjang Ledeng dan beragam angkutan umum lainnya yang mengarah ke Ledeng.

Kebanyakan angkutan umum ini memang tidak berhenti langsung di depan pintu Karang Setra, namun berhenti di Halteu Bus Setia Budi/ Setra Sari. Jika masih merasa bingung dan takut terlewat, menanyakan atau menyatakan tujuan pada supir, kondektur atau penumpang lain sangatlah disarankan. Sebab supir, kondektur dan pengguna angkutan umum lainnya, biasanya tahu letak pemberhentian yang memang tak jauh dari lokasi.

Karang Setra sekarang memang tak sama dengan Karang Setra dahulu yang hanya menyajikan kolam sebagai wahana utamanya. Karang Setra saat ini, telah berubah menjadi Water Park atau Water Land sesuai dengan namanya sekarang Karang Setra Water Land. Dengan demikian, Karang Setra menyuguhkan konsep permainan air yang sangat menarik, terutama  untuk kepentingan rekreasi keluarga. Wahana utama yang juga menjadi Ikon Karang Setra adalah seluncuran naga yang telah ada sejak dulu.

Bandung Indah Waterpark

Bandung Indah Waterpark bisa dikatakan sebagai penggagas Waterpark di kota Bandung. Lokasinya memang sedikit mengarah ke pesisir Selatan Kota Bandung, namun memiliki akses yang mudah dengan alternatif sarana pencapaian yang sangat banyak.
Jika kebingungan untuk mencari lokasi ini, Lanud Sulaiman kiranya bisa dijadikan patokan utama, sebab Bandung Indah Waterpark memang bersebelahan dengan Lanud Sulaiman yang berada di wilayah Kopo, Bandung. Karena bersebelahan dengan Lanud Sulaiman sebagai Landasan Udara milik AU, maka di saat-saat tertentu pengunjung bisa menikmati langsung atraksi terjun payung dari Angkatan Udara.

Namun, jika kesempatannya krang tepat, maka keindahan wahana tetap menjadi atraksi utama yang ditawarkan Waterpark ini. Salah satu atraksi unik yang ada di wahana waterpark ini adalah rainbow sringkle yang terjadi akibat alat percikan pelangi yang berada di tengah-tengah kolam dangkal.

Itulah wisata air di Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun local. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply