Yuk Kunjungi Beberapa Taman Tua di Kota Bandung

Taman Tua di Kota Bandung

Taman Tua di Kota Bandung | Foto : bandungdailyphotos.blogspot.com

Taman tua di kota Bandung, akhir-akhir ini kembali dikembangkan sebagai salah satu faktor pendongkrak wisata. Taman sendiri bukanlah hal yang asing bagi warga Bandung, sebab keberadaan taman di kota ini memang telah ada semenjak masa awal pembangunan di zaman kolonoal dulu. Salah satu sebab juga yang mendasari sebutan Bandung sebagai Kota Kembang.

Berdasarkan catatan sejarah, pendirian taman di kota Bandung sebenarnya berkaitan dengan fungsi Kota Bandung yang memang dijadikan kota peristirahatan bagi Meneer-Meneer Belanda atau Gubernur Jendral saat itu. Karena pembangunan kota Bandung lebih merujuk pada arsitektur Eropa, maka tak jarang bangunan yang didirikan berada dalam lahan yang sangat luas.

Di area itulah taman-taman sengaja didirikan dengan berbagai fungsi. Karenanya sangat wajar jika hampir semua taman yang ada di Bandung tak akan jauh dari gedung-gedung besar atau gedung tempo dulu. Bukan hanya itu, jika diperhatikan, setiap taman yang ada di Bandung pasti letaknya tak jauh dari sungai atau dilintasi oleh sungai. Berikut adalah beberapa taman tua di Kota Bandung yang bisa dikunjungi;

Yuk Kunjungi Beberapa Taman Tua di Kota Bandung

Taman Ganesha

Taman ini berada tepat di depan gerbang ITB, Jalan Ganesha Bandung. Di samping taman ini, berdiri Mesjid Salman. Tak jauh dari lokasi taman, berdiri juga Kebun Binatang Bandung.

Taman Lansia

Sebelum berganti nama menjadi Taman Lansia, taman ini dikenal sebagai taman Cisangkuy. Taman ini, berada tepat di samping Gedung Sate Bandung, sehingga sangat mudah untuk menemui taman ini. Setelah taman ini masih ada lagi taman lain yang disebut sebagai Taman Cilaki, letaknya hanya terpotong oleh jalan.

Penyebutan Taman Lansia sebenarnya terjadi di era 90 akhir, di mana taman ini sering digunakan oleh lansia sebagai sarana olahraganya. Taman ini sebenarnya tak terlalu besar dengan jalan setapak berbentuk ouval. Di tengah taman ini melintas sungai Cilaki dengan debit air yang tidak terlalu tinggi.

Meski demikian, harus hati-hati, sebab mulut sungainya yang sangat tinggi. Ada beberapa jembatan kecil yang sengaja ditempatkan. Seperti halnya taman, beberapa tempat duduk sengaja ditempatkan di bawah pepohonan tinggi sebagai tempat untuk bersantai atau beristirahat.

Taman Maluku

Taman tua di Kota Bandung lainnya adalah Taman Maluku. Taman Maluku berada di samping Jalan Maluku berada tepat di depan Kologdam dan Gedung olahraga Saparua.  Di era 80-90 akhir, taman ini pernah menjadi pemukiman liar bagi gelandangan dan pengemis. Bukan hanya itu, taman ini pun kerap dijadikan sebagai tempat mangkal kaum waria.

Kondisi seperti inilah yang membuat citra taman Maluku menjadi buruk. Namun, di akhir 90’an taman ini mulai dibersihkan dari kondisi seperti itu. Sayangnya, keberadaan taman yang bisa dikatakan berada di tengah-tengah markas ABRI ini, menghasilkan kesan taman ini sebagai taman yang tertutup untuk umum.

Leave a Reply