Panorama Alam di Taman Bunga Cihideng

Taman Bunga Cihideng

Taman Bunga Cihideng | Foto : bandung.panduanwisata.com

Taman Bunga Cihideng adalah wisata alternatif di Bandung yang berhubungan dengan wisata alam. Taman bunga ini memang tak seperti pengertian taman bunga seperti pada umumnya. Sebab di Cihideung, taman bunga yang dimaksud lebih merujuk pada wisata belanja tanaman untuk keperluan taman. Dengan kata lain, taman bunga ini lebih merujuk pada istilah agrowisata. Namun demikian, di wilayah ini, masih bisa ditemui taman-taman untuk dinikmati dalam pengertian wisata taman yang sebenarnya.

Panorama Alam di Taman Bunga Cihideng

Letak dan Lokasi

Taman Bunga Cihideng berada di wilayah Bandung Barat, tepatnya di kecamatan Parongpong Lembang. Cara termudah untuk mencapai lokasi ini adalah menuju terminal Ledeng yang berada di Jalan Setia Budhi atau depan Kampus UPI. Di seberang terminal ini, ada sebuah jalan yang bernama Jl. Sersan Badjuri. Inilah jalan utama yang menghubungkan langsung dengan lokasi.

Kontur jalan yang menanjak dan berliku aalah sensasi perjalanan tersendiri yang disajikan sebelum mencapai lokasi. Rasa pusing atau mual bagi mereka yang belum terbiasa dengan kondisi jalanan seperti ini sangat mungkin dirasakan. Namun rasa pusing dan mual tersebut seketika akan terbayar oleh kesejukan dan keindahan alam yang tersaji di lokasi ini.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah perjalanan telah sampai atau belum sangatlah mudah. Jika di pinggir-pinggir jalan terlihat banyak penjual bunga, di situlah sebenarnya lokasi taman ini berada. Taman bunga ini, pada dasarnya memang agrobisnis yang dikembangkan oleh penduduk setempat. Agrobisnis dengan komoditas utamanya adalah bunga dan tanaman hias. Karenanya wajar jika pengunjung akan menemukan beragam tanaman hias, mulai dari yang terkenal hingga tak terkenal, mulai dari tanaman yang banyak di pasaran hingga yang langka, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Sarana Wisata Lain Yang Berdekatan

Di lajur jalan Sersan Bajuri, sebenarnya banyak sarana rekreasi lain mulai dari cafe, restoran hingga hiburan malam. Sarana ini memang sengaja disediakan untuk mendongkrak kegiatan wisata dan mensinergikan dengan perekonomian penduduk setempat. Atrinya, taman bunga tetap menjadi sarana pemikat yang membedakan objek wisata di wilayah ini dengan wilayah lainnya.

Beberapa objek wisata atau sarana rekreasi yang berdekatan dengan Taman Bunga Cihideng adalah:

1. Kampung Daun yang bisa disebut sebagai restoran bernuansa alam (hutan) tropis.

2. Kampung Gajah sebagai taman rekreasi yang menyajikan perpaduan antara keindahan alam dan kecanggihan teknologi.

3. Sapu Lidi yang bisa juga disebut sebagai restoran, cafe dan resort bernuansa pesawahan.

4. Dan masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi di wilayah ini.

Leave a Reply