Ini Dia Tempat untuk Melihat Penangkaran Rusa di Ciwidey

Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa | Foto : siskanurifah.wordpress.com

Siapa yang menyangka jika di Ciwidey kita bisa melihat penangkaran rusa? Ciwidey yang terkenal dengan wisata alamnya, memang memanjakan mata dengan eksotisme alamnya yang menawan. Ditambah dengan atraksi wisata lainnya seperti memetik strawberry mungkin akan menjadi pengalaman yang akan terlupakan.

Ciwidey juga terkenal dengan bumi perkemahannya yang bernama Ranca Upas. Di tempat ini jugalah kita bisa melihat penangkaran rusa yang berada di tengah-tengah rawa (ranca) di atas pegunungan. Mendengar rawa di atas pegunungan pun memang menjadi hal unik yang ditawarkan objek wisata ini. Sebab pandangan umum akan mengarahkan bahwa rawa selalu ada di pesisir pantai atau pinggiran sungai.

Ini Dia Tempat untuk Melihat Penangkaran Rusa di Ciwidey

Penangkaran Hewan Rusa

Melihat penangkaran rusa di Ciwidey, bisa dilakukan dari jarak dekat dengan cara mendekati kandang. Namun, tingginya rerumputan di dalam kandang, kerap menghalangi jarak pandang. Ditambah dengan sifat rusa yang umumnya siaga saat melihat kehadiran manusia. Bahkan menurut penelitian, penciuman dan pendengaran rusa sangat tajam sehingga sebelum didekati manusia, rusa akan lari dan sembunyi di balik rerimbunan.

Cara paling baik adalah melihatnya di tempat pemantauan. Tempat ini seperti rumah panggung yang berada di dekat kandang. Di tempat yang cukup tinggi ini, pengunjung bisa melihat segerombolan rusa yang berjalan tenang, berlarian dengan kencang atau sekadar berbaring di balik rerumputan. Mengamati rusa mungkin akan lebih baik jika menggunakan binocular (teropong).

Objek Lain

Di tempat ini pun masih ada objek lain yang bisa dikunjungi, semisal wisata outbound dengan beragam permainan. Satu hal yang menarik adalah sumber air panas yang berada di tempat pemandian. Tempat pemandian ini, dulunya memang dibuat khusus bagi pengunjung yang camping di tempat ini. Namun, tidak diharamkan juga bagi pengunjung lainnya yang sekadar ingin merasakan sumber air panas secara langsung.

Seiring dengan perkembangan wisata di wilayah Ciwidey, pemandian air panas ini kini berubah menjadi wisata air yang bernama Kampung Cai Ranca Upas atau dikenal juga dengan waterboom ciwidey. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa berendam di kolam, tetapi bisa juga bisa merasakan sensasi permainan air lainnya seperti bermain kano dengan harga sewa 20.000 rupian per 30 menit. Dengan begitu banyaknya sarana yang ada di Ranca Upas, maka wajar jika lokasi ini kemudian direkomendasikan sebagai objek wisata alam yang wajib dikunjungi.

Itulah beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat penangkaran rusa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply