Beberapa Kategori Wisata yang Ada di Bandung

Kategori Wisata di Kota Bandung

Kategori Wisata di Kota Bandung | Foto : id.wikipedia.org

Kategori wisata yang ada di Bandung sangatlah beragam, hal itu didukung juga oleh letak dan tata kotanya. Secara letak, kategori wisata bisa dikaitkan dengan letak geografis, bentang alam dan seterusnya. Sedangkan secara tata kota sangat berkaitan dengan aksesibilitas, objek wisata itu sendiri semisal peruntukan bangunan seperti mall, restoran hotel dan sebagainya. Dengan kata lain, tata kota sangat berhubungan dengan sarana dan prasarana yang ada di kota tersebut.

Beberapa Kategori Wisata yang Ada di Bandung

Terlepas dari pengertian letak dan tata kotanya, berikut adalah beberapa kategori wisata yang ada di Bandung, yang menunjukkan bahwa Bandung memang layak disebut sebagai surga pariwisata.

Wisata Alam

Siapa yang tak kenal kemolekan alam Bandung. Kemolekannya ini, bahkan telah disebut-sebut sejak berabad lamanya. Katakan saja sebutan lain untuk bandung sebagai Parahyangan yang secara sederhana bisa diartikan sebagai tempatnya para Rahyang atay Hyang atau Dewa. Sebagaimana diketahui bahwa Dewa adalah makhluk yang tinggal di kahyangan, biasa diidentikkan juga dengan surga.

Menyebut tanah Bandung sebagai Parahyangan, secara tegas menunjukkan bahwa Bandung adalah tempat yang mirip surga.  Hal itu wajar jika melihat bentangan alam Bandung yang dikelilingi oleh gunung, sehingga menyajikan panorama alam yang indah. Terlebih jika suasana Kota Bandung dilihat pada malam hari di ketinggian, maka keindahan akan nampah dari kerlap-kerlip lampu yang terpancar dari kota yang ada di Cekungan tersebut.

Wisata alam yang ada di Bandung, sebenarnya lebih banyak didapat di Bandung Utara atau Bandung Selatan yang memang masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung. Namun, di Bandung Timur atau Bandung Barat pun tak kalah menarik, termasuk juga di kota Bandung sendiri.

Wisata Belanja

Belanja, mungkin kegiatan yang sangat digemari oleh perempuan, namun tak menutup kemungkinan juga bagi laki-laki untuk masuk di ranah ini. Terlebih jika berkaitan dengan fashion yang memang sudah menjadi gaya hidup. Bandung menyajikan beragam outlet, distro dan pertokoan yang memang ditujukan untuk memenuhi kepuasan akan fashion.

Berkaitan dengan Fashion, tak perlu diragukan lagi jika Bandung memang merupakan Barometer Fashion di Indonesia. Bahkan dari sejarah pendiriannya, Bandung terkenal sebagai Paris Van Java atau Kota Paris yang ada di Jawa. Sebutan itu memang sangat beralasan, sebab berdasarkan sejarah juga, Bandung adalah kota kedua yang menjadi trendsetter dunia dalam bidang fashion di masanya. Apa yang menjadi trend saat itu di Paris sebagai barometer fashion dunia, akan hadir di Bandung dalam waktu yang sangat singkat.

Wisata Kuliner

Banyak yang menyebutkan bahwa Bandung adalah surganya makanan. Pertanyaan yang tepat untuk pernyataan tersebut, bukanlah makanan apa yang tidak ada di Bandung? Tetapi lebih pada citarasa makanan yang bisa menyesuaikan dengan lidah-lidah umum.

Wisata Pendidikan

Bandung memiliki gedung-gedung bersejarah yang terawat hingga kini. Gedung tersebut jelas merupakan aset yang tak terhingga, sebab bisa digunakan untuk merefleksikan sejarah di masa lalu. Selain itu, Bandung pun memiliki banyak universitas yang bisa digunakan sebagai percontohan. Tak berhenti di situ, Bandung memiliki kebun binatang dan banyak museum sebagai tujuan wisata yang berbau pendidikan.

Demikianlah beberapa kategori wisata yang ada di Bandung. Dari keberagaman tujuan wisata tersebut, sangat wajar jika Bandung menyandang predikat sebagai Surga Pariwisata.

Leave a Reply