Kampung Cikurutug, Destinasi Wisata Lebah di Bandung

Wisata Lebah di Bandung

Wisata Lebah di Bandung | Foto : salamipolis.blogspot.com

Pernah mendengar nama Kampung Cikurutug? Kampung Cikurutug merupakan sebuah kampung yang menjadi destinasi wisata lebah di Bandung. Lokasi lengkapnya berada di Ciburial, Kabupaten Bandung. Kampung Cikurutug sendiri terletak di sekitar kawasan Bukit Pakar Timur. Kampung Cikurutug merupakan kampung yang memang terkenal sebagai kampung pembudidaya lebah madu.

Kampung Cikurutug, Destinasi Wisata Lebah di Bandung

Area peternakan lebah madu berada di antara rumah-rumah penduduk. Akan tetapi, untuk bisa mencapai area peternakan sendiri bukan hal yang mudah. Pengunjung perlu mnegeluarkan cukup banyak tenaga sampai bisa menuju area peternakan lebah madu. Tantangan yang membuat tenaga terkuras ketika menjelajahi perkampungan Cikurutug ini adalah banyaknya undakan-undakan.

Dalam satu tahun, musim kembang terjadi dua kali. Menjelang musim hujan umumnya menjadi waktu yang paling bagus. Lebah-lebah umumnya menyukai beberapa jenis bunga seperti bunga kaliandra, baruntas, kecubung, dan bunga rumput. Para peternak lebah madu juga mengambil lebah liar secara langsung di Tahura Djuanda. Madu yang dihasilkan dari lebah-lebah ternak dari Ciburial ini sudah tekenal dan dipasarkan bahkan sampai keluar Pulau Jawa. Pemasarannya di Bandung, Jakarta, Kalimantan, Pulau Sumatera, dan juga sampai ke Malaysia.

Rasa madu dari Ciburial ini tergolong lezat dan kaya akan khasiat. Ada juga jenis madu pahit yang bisa ditemukan di kampung Cikurutuhg yang menurut kabar memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan. Kelebihan lainnya dari tempat wisata lebah di Bandung ini adalah pengunjung bisa membeli madu lengkap dengan sarangnya.

Para peternak lebah di kampung Cikurutug ini tidak hanya menjual produk madunya, tetapi juga menawarkan paket untuk belajar bagaimana caranya beternak lebah. Ada macam-macam paket yang ditawarkan untuk masyarakat umum dan setiap paketnya memiliki kisaran harga yang berbeda-beda. Selain itu, para pengunjung juga bisa bermain bersama lebah. Para pengunjung ditantang untuk merasakan sensasi seluruh tubuh dikerubungi oleh lebah. Kegiatan yang bisa dikategorikan menantang dan cukup berbahaya ini ternyata banyak diminati oleh pengunjung. Masih ada beberapa kegiatan dan tawaran paket wisata lainnya di kampung peternak lebah madu ini.

Untuk Anda yang berminat mengetahui lebih dalam tentang ternak lebah madu dan ingin merasakan secara langsung manisnya rasa madu, bisa segera jadikan kampung Cikurutug ini sebagai tujuan wisata pada liburan yang akan datang. Pastikan Anda dan keluarga merasakan pengalaman wisata lebah di Bandung dan liburan yang berbeda dari biasanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply