Menikmati dan Menjelajahi Wisata Hutan di Bandung

Wisata Hutan di Bandung

Wisata Hutan di Bandung | Foto : awalnya.blogspot.com

Wisata hutan di Bandung bisa menjadi pilihan wisata yang berbeda dari biasanya. Umumnya, banyak orang memilih wisata ke tempat-tempat yang ramai dan penuh dengan berbagai temapt untuk belanja. Akan tetapi, mengapa tidak mencoba wisata ke temapt yang bisa membuat pikiran dan, tubuh, dan perasaan menjadi tenang dan seperti terisi kembali? Wisata hutan menjadi salah satu jawabannya.

 Menikmati dan Menjelajahi Wisata Hutan di Bandung

Bandung tidak hanya terkenal sebagai kota yang memiliki banyak FO, kuliner lezat, dan kegiatan di perkotaannya yang hidup. Bandung juga memiliki tempat wisata alam berupa hutan yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu wisata hutan di Bandung yang terkenal adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Taman ini dikenal juga dengan nama Taman Hutan Dago Pakar Bandung. Apa saja yang bisa didapatkan dari wisata taman hutan di bandung ini?

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau sering disebut dengan Tahura Djuanda ini terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Luas dari tahura Djuanda ini membentang mulai dari Pakar sampai Maribaya. Akses menuju tahura Djuanda bisa ditempuh melalui beberapa jalan di antaranya Jalan Dago, Jalan Cikutra, dan melalui objek wisata Maribaya Lembang.

Tahura Djuanda menyuguhkan suasana hutan yang asri dan sejuk. Akan tetapi, selain wisata hutan sebagai wisata utama di tahura Djuanda, ada beberapa jenis wisata lainnya di dalam tahura Djuanda ini. Beberapa wisata yang disuguhkan di Tahura Djuanda yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan di antaranya sebagai berikut.

1. Monumen Ir. H. Djuanda

2. Kolam Pakar

3. Goa Jepang dan Goa Belanda. Kedua goa tersebut merupakan peninggalan Jepang dan Belanda yang sampai saat ini masih ada dan bisa dikunjungi. tahura Djuanda juga memberikan kesempatan wisata sejarah yang kaya manfaat seperti adanya kedua goa tersebut

4. Beberapa air terjun. Tahura Djuanda tidak hanya berisi hutan dan goa saja. Ada beberapa air terjun di dalam tahura Djuanda di antaranya (a) Curug Omas, (b) Curug Lalay, dan (d) Curug Dago

5. Prasasti Raja Thailand

6. Artefak kebudayaa purba. Artefak ini pernah ditemukan di daerah Dago Pakar

7. Mueseum Ir. H. Djuanda

8. Taman bermain yang bisa menjadi tempat bermain untuk anak dan keluarga

Wisata hutan di Bandung bukan hanya wisata hutan biasa. Selain para wisatawan bisa menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa mengetahui sejarah mengenai Ir. H. Djuanda, Goa Jepang dan Goa Belanda, serta beberapa kejadian sejarah lainnya.

Leave a Reply