Tangkuban Perahu, Salah Satu Wisata Gunung di Bandung Terpopuler

Wisata Gunung di Bandung

Wisata Gunung di Bandung | Foto : www.disparbud.jabarprov.go.id

Siapa yang tidak mengenal gunung Tangkuban Perahu? Tangkuban Perahu merupakan salah satu wisata gunung di Bandung yang sangat terkenal. Bila berkunjung ke Lembang, rasanya belum lengkap bila tidak berkunjung ke gunung yang berbentuk seperti perahu dan masih aktif tersebut. Tangkuban Perahu memang tidak pernah kehilangan pesonanya, banyak pengunjung yang datang dan menikmati keindahan alam serta eksotisme kawah dari Tangkuban Perahu.

Tangkuban Perahu, Salah Satu Wisata Gunung di Bandung Terpopuler

Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan wisata gunung di Bandung ini berada tepat berlokasi di Desa Cikole, Lembang, dan berada di kawasan Kabupaten Bandung. Tinggi dari gunung Tangkuban Perahu sendiri sekitar 2.084 meter. Gunung Tangkuban Perahu sendiri sampai saat ini masih aktif dan sudah beberapa kali mengeluarkan tanda-tanda keaktifannya. Gunung Tangkuban Perahu juga tidak bisa dilepaskan dari sebuah legenda rakyat Jawa Barat denga dua tokohnya yang sangat dikenal yaitu Dayang Sumbi dan Sangkuriang.

Kisahnya yang melegenda dengan dibalikannya perahu besar yang dibuat oleh sang anak untuk bisa mempersunting perempuan cantik yang belum diketahuinya bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya tersebut, menjadi cerita pengantar berdirinya gunung Tangkuban Perahu. Gunung tersebut memang memiliki bentuk seperti perahu yang dibalikkan.

Tempat wisata gunung di Bandung memang banyak, hanya saja Tangkuban Perahu seolah menjadi salah satu magnet untuk wisata gunung. Selain keindahan alam ketika sudah berada di sekitar kawah Tangkuban Perahu, pengunjung juga akan dimanjakan sepanjang perjalanan menuju Tangkuban Perahu.

Letaknya yang berada di sekitar Lembang, membuat lokasi wisata ini dekat dengan beberapa lokasi wisata lainnya di daerah Lembang. Pengunjung bisa melihat pemandangan hijau dari deretan pohon pinus, gelombang indah dari kebun teh, dan aneka kuliner khas Lembang yang tentunya menggoda.

Wisata gunung Tangkuban Perahu tidak hanya akan mendapatkan sensasi liburan di gunung saja, tetapi juga berbagai jenis wisata lainnya. Ada banyak fasilitas wisata yang disediakan di daerah Lembang. Bila Anda merasa sudah cukup dengan wisata di gunung Tangkuban Perahu, Anda bisa melanjutkan wisata di kebun teh, outbound, offroad, wisata Maribaya, pemandian air panas, dan maish banyak lagi. Sekali perjalanan, Anda bisa menikmati banyak lokasi wisata di sekitar gunung Tangkuban Perahu ini.

Wisata gunung di Bandung selalu memberikan sensasi berbeda dan menyenangkan. Jadi, bila Anda berkunjung ke Bandung cobalah untuk menyempatkan diri berwisata ke gunung Tangkuban Perahu di Lembang. Begitu juga dengan lokasi wisata lainnya yang sayang bila dilewatkan. Selamat berlibur!

Leave a Reply