Wisata Goa di Bandung dan Pengalaman Menjelajahinya

Wisata Goa di Bandung

Wisata Goa di Bandung | Foto : jundiurna92.wordpress.com

Wisata goa di Bandung bisa menjadi salah satu pilihan wisata menarik saat libur tiba. Seperti sudah umum diketahui, Bandung memiliki dua buah goa yang terkenal yaitu Goa Jepang dan Goa Belanda. Sesuai dengan namanya, kedua goa tersebut dibangun pada masa penjajahan masing-masing negara tersebut. kedua goa tersebut terletak di Bukit Dago Pakar. Bukit Dago Pakar sendiri termasuk ke dalam kawasan Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Djuanda. Biaya masuk ke dalam taman hutan sendiri terjangkau, yaitu sekitar Rp8000,- per orang.

Wisata Goa di Bandung dan Pengalaman Menjelajahinya

Pemandangan alam di sekitar taman hutan akan membuat mata terasa sejuk. Hal tersebut karena sepanjang mata memandang, pepohonan berbaris dan suasana pun terasa asri. Hal pertama yang akan dilihat oleh para wisatawan saat pertamakali memasuki kawasan taman hutan ini adalah adanya deretan pohon pinus yang seolah menyambut. Perjalanan menuju Goa Jepang dan Goa Belanda pun tidak akan begitu terasa karena di kiri kanan jalan, kita ditemani oleh deretan pohon dan pemandangan indah. Wisata goa di Bandung ini akan menjadi perjalanan yang penuh kesan.

Goa Jepang

Goa Jepang Bandung

Goa Jepang Bandung | Foto : tahuradjuanda.jabarprov.go.id

Goa Jepang merupakan goa pertama yang akan ditemui setelah berjalan di jalan setapak sekitar 500 meter. Goa Jepang sendiri dibangun pada tahun 1942. Tujuan pembangunan goa ini adalah untuk perlindungan para tentara Jepang dari serangan sekutu. Goa ini juga berfungsi sebagai temapt penyimpanan logistik dan senjata perang. Menurut cerita, Goa Jepang ini dibangun oleh masyarakat Indonesia melalui cara romusha. Kondisi Goa Jepang gelap karena belum ada penerangan, lembab, dan bagian dindingnya masih kasar.

Goa Belanda

Goa Belanda

Goa Belanda | Foto : jundiurna92.wordpress.com

Goa Belanda bisa dicapai lebih kurang 400 meter dari Goa Jepang. Sepanjang perjalanan menuju Goa Belanda, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Kondisi Goa Belanda lebih baik dai Goa Jepang, dindingnya sudah rapi dan sudah ada penerangan. Goa Belanda tersebut dibangun pada tahun 1941 dengan tujuan sebagai terowongan PLTA bengkok. Akan tetapi karena letak goa yang berada di ketinggian dengan lokasi yang tertutup, maka goa ini menjadi stasiun radio telekomunikasi yang digunakan pada Perang Dunia II.

Wisata goa di Bandung yang memiliki harga terjangkau, pemandangan alam yang menakjubkan, dan kaya unsur sejarah bisa menjadi pilihan yang baik untuk liburan keluarga. Nikmti pengalaman menjelajahi taman hutan dan dua goa peninggalan penjajah di kota Bandung ini. Selamat berlibur!

Leave a Reply