Pesona Alam Wisata Bandung Tangkuban Perahu yang Mengagumkan

Wisata Bandung Tangkuban Perahu

Wisata Bandung Tangkuban Perahu | Foto : mouse96.blogspot.com

Siapa yang tak kenal objek wisata Bandung Tangkuban Perahu? Salah satu tempat rekreasi di Bandung ini memang sering jadi tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan. Jadi bila kita berencana untuk mengunjungi Bandung, jangan sampai Tangkuban Perahu terlewat dari daftar tempat yang wajib dikunjungi.

Pesona Alam Wisata Bandung Tangkuban Perahu yang Mengagumkan

Sekilas tentang Gunung Tangkuban Perahu

Kita pasti pernah mendengar kisah legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Dari legenda tersebut, Sangkuriang yang marah sempat menendang sebuah perahu hingga terbalik. Konon, perahu terbalik inilah yang akhirnya membentuk Gunung Tangkuban Perahu. Kita boleh percaya atau tidak percaya sama sekali, namun banyak orang yang mengatakan bahwa gunung ini memang terlihat seperti perahu terbalik apabila dilihat dari arah selatan.

Terlepas dari bentuk gunung itu sendiri, Tangkuban Perahu punya daya tarik yang pastinya memukau banyak orang. Di sini setidaknya ada 3 kawah yang sama-sama memiliki keindahan alam yang memesona. Yang pertama adalah Kawah Ratu, kawah utama sekaligus terbesar di Tangkuban Perahu. Bentuknya seperti mangkuk raksasa dengan cekungan dalam. Kedua, ada Kawah Upas yang tepat bersebelahan dengan Kawah Ratu dan terlihat lebih dangkal. Yang terkahir ada Kawah Domas, di sini wisatawan sering turun ke kawah dan menikmati pesona alamnya yang benar-benar eksotis.

Akses ke Wisata Bandung Tangkuban Perahu

Selain punya pemandangan alam yang begitu indah, hal lain yang membuat wisata Bandung Tangkuban Perahu selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah karena akses lokasinya yang tergolong mudah. Kita bisa pergi Tangkuban Perahu dengan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum seperti angkot.

  • Kendaraan pribadi

Dari Bandung, kita menuju ke arah Lembang (utara). Dari pusat Lembang, ambil jalan yang mengarah ke utara, tepatnya menuju Ciater atau Subang karena Tangkuban Perahu memang cukup dekat dengan wisata air panas Ciater. Dengan kendaraan pribadi ini, jarak tempuh hingga sampai ke Tangkuban Perahu adalah sekitar 29-30 km.

  • Angkutan umum

Untuk angkutan umum, kita bisa menggunakan beberapa alternatif. Misalnya dari Terminal Cicaheum, kita naik angkot menuju Terminal Ledeng dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Dari Terminal Ledeng, dilanjutkan naik angkot jurusan Bandung-Subang. Kita pun bisa berhenti di depan pintu masuk wisata Tangkuban Perahu.

Alternatif lainnya, bila kita dari Stasiun Hall (Stasiun Bandung), kita tinggal naik angkot jurusan St.Hall-Lembang. Setelah itu kita naik naik angkot Lembang-Cikole dan dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Bandung-Subang sehingga kita bisa turun tepat di pintu masuk wisata Tangkuban Perahu.

Demikian ulasan singkat mengenai objek wisata Bandung Tangkuban Perahu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply