Yuk Main di Taman Pustaka Bunga Kota Kembang

Taman Pustaka Bunga Bandung

Taman Pustaka Bunga Bandung | Foto : m.kompasiana.com

Citra Bandung sebagai Kota Kembang semakin mengena setelah munculnya Taman Pustaka Bunga. Taman bunga dulunya bernama Taman Cilaki dan kurang terawat. Namun kini kita bisa menjumpai ribuan bunga dengan aneka jenis menghiasai taman ini. Taman ini memang sengaja dimaksudkan agar makna Bandung sebagai Kota Kembang kembali menggaung lagi.

Yuk Main di Taman Pustaka Bunga Kota Kembang

Taman bunga dinamakan demikian karena memang taman ini akan dijadikan semacam perpustakaan bunga. Taman ini dimaksudkan menjadi ensiklopedia bunga karena bakal berisi sekitar 100 ribu bunga di tempat ini. Tempat ini dulunya memang kurang tertata. Taman Cilaki awalnya banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon besar peninggalan zaman Belanda. Sekarang ini, taman menjadi lebih tertata rapi dengan adanya bunga dan penataan yang maksimal. Dengan kerapian taman ini diharapkan warga menjadi sering berkunjung ke taman ini.

Sebagai perpustakaan bunga, maka Taman Pustaka Bunga memiliki banyak jenis bunga yang menarik. Beberapa jenis bunga yang ada di taman ini adalah mawar, puring, bakung, kastuba, bunga kertas, krisan, lidah mertua dan berbagai jenis anggerk. Beberapa anggrek langka ditemukan di tempat ini. Anggrek-anggrek ini ditempelkan di pohon-pohon besar yang ada di taman ini. Beberapa jenis anggrek yang ada di taman ini adalah Phalaenopsis Gigantea, Phalaenopsis Bellina, Paphiopedillum Victoria, Paphiopedillum Reginae, dan Dendrobium Glomeratum.

Taman yang bersebelahan dengan Taman Lansia dan dekat dengan Gedung Sate ini memang sudah lebih tertata. Kita bisa menelusuri taman ini dengan berjalan di trotoar yang sudah rapi. Taman ini juga memiliki kolam ikan dengan hiasan batu alam dan bunga-bunga. Untuk menjaga kebersihan dan melatih warga, maka tempat ini menyediakan tempat sampah organik dan non organik. Taman ini juga dilengkapi dengan kursi untk bersantai dan fasilitas wifi gratis.

Taman ini seringkali dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan yang rencananya akan rutin dilakukan adalah kontes bunga, atau pertunjukan musisi dan seniman. Diharapkan dengan semakin bertambah asri dan tertatanya taman bunga Cilaki maka warga akan lebih banyak berbondong-bondong di tempat ini.

Selain menikmati keasrian taman, maka kita bisa juga mencoba berkeliling dengan berkuda. Ada penjual jasa berkuda di sekitar taman ini. Kita bisa belajar dan menikmati sensasi berkuda dengan didampingi oleh perawat kuda. Kita bisa berkeliling sambil menikmati indahnya bunga. Karena itu, mari kita mencoba keasrian dan indahnya bunga di Taman Pustaka Bunga Cilaki.

Leave a Reply