Mau Coba Liburan ke Bandung Naik Kereta Api dari Jakarta?

Liburan ke Bandung Naik Kereta

Liburan ke Bandung Naik Kereta | Foto : bumikuningan.blogdetik.com

Liburan ke Bandung naik kereta api dari Jakarta sangat asyik. Di sepanjang jalan dari Jakarta menuju ke Bandung menjumpai pemandangan alam yang sayang jika dilewatkan dengan tidur. Hamparan sawah dan pegunungan terlihat sangat indah. Perjalanan menggunakan kereta api juga lebih asyik karena melewati terowongan yang sangat panjang. Suatu sensasi tersendiri saat memutuskan menggunakan transportasi kereta api.

Mau Coba Liburan ke Bandung Naik Kereta Api dari Jakarta?

Kereta api yang digunakan adalah KA Argo Parahyangan. Dari Jakarta ke Bandung dapat ditempuh sepanjang 151 km selama 3 jam. Tarif kereta api kelas eksekutif hanya sekitar 70 ribu dan tinggal menikmati suasana di dalam kereta dengan memandang pemandangan alam melalui jendela. Namun terkadang pihak kereta api memberikan tarif promo yang lebih murah.

Fasilitas yang ada di KA Argo Parahyangan kelas bisnis maupun eksekutif antara lain yaitu pendingin ruangan, stop kontak charger, penerangan yang memadai, tayangan hiburan melalui televisi, majalah, kursi reclining seat, bantal kecil, meja lipat, sandaran kaki dan mini bar yang ada di kereta makan. Kebersihan di dalam kereta api sangat terjaga. Toilet juga sangat bersih. Penumpang tidak boleh merokok di dalam kereta api sehingga udara bersih dan nyaman. Liburan ke Bandung naik kereta api menjadi sangat menyenangkan. Penumpang yang capek dapat menikmati fasilitas pijat refleksi.

Jalur kereta api dari Jakarta ke Bandung sudah dibangun sejak jaman Hindia Belanda yaitu pada tanggal 10 April 1869. Saat berada di perjalanan Bandung-Jakarta akan melewati beberapa kota yaitu Cikampek dan Karawang. Penumpang tidak akan merasa bosan dalam perjalanan yang lumayan panjang ini.

Liburan ke Bandung naik kereta api akan lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama keluarga terutama yang memiliki anak-anak. Mereka akan senang karena tidak akan jenuh selama di perjalanan. Anak-anak dapat berjalan-jalan di gerbong kereta api yang panjang untuk mengusir kejenuhan. Namun sebaiknya anak-anak tetap dalam pengawasan orang tua ketika berjalan di gerbong kereta untuk menghindari bahaya. Anak-anak pasti akan berteriak kegirangan saat melewati terowongan Sasaksaat yang menembus bukit.

Setelah sampai di tempat tujuan, penumpang dapat menikmati arsitektur bangunan tua Stasiun Kota Bandung atau Stasiun Hall yang artistik. Stasiun Bandung ini berada di Jl. Perintis Kemerdekaan dan dekat dengan Jalan Braga yang merupakan surga belanja fashion. Untuk mengenang sejarah kereta api dapat mengunjungi gudang suku cadang kereta api yang berada di Jl. Cikudapateuh. Gudang suku cadang ini diupayakan menjadi museum kereta api.

Liburan ke Bandung naik kereta api dari Jakarta bersama keluarga memang sangat menyenangkan dan mengesankan. Anak-anak akan banyak belajar selama melakukan perjalanan.

Leave a Reply