Mencoba Wahana yang Menguji Nyali di Arung Jeram Palayangan

Arung Jeram Palayangan

Arung Jeram Palayangan | Foto : lintangeayu.blogspot.com

Tidak jauh dari Bandung, kita bisa menikmati wisaya alam yang menantang. Wisata alam ini adalah Sungai Palayangan. Sungai ini merupakan salah satu objek wisata arung jeram di Bandung Selatan. Kita bisa menguji nyali di arung jeram Palayangan sambil menikmati panorama yang alami. Keindahan alam dan pacuan adrenalin merupakan unsur liburan yang paling dicari.

Mencoba Wahana yang Menguji Nyali di Arung Jeram Palayangan

Sungai Palayangan berada sekitar 45 km dari pusat kota Bandung. Sungai ini berada di wilayah Pangalengan. Pangalengan terkenal sebagai daerah penghasil teh, sayuran, dan susu. Wilayah ini raya-rata berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Wisata Arung Jeram Di Sungai Palayangan

Perjalanan ke Sungai Palayangan memang tidak dekat. Kita bisa menempuh transportasi umum dari Kota Bandung. Kita bisa menaiki angkot dari Terminal Leuwi Panjang ke perempatan Mohamad Toha. Dari sini kita bisa menaiki minibus yang menuju daerah Pangalengan. Minibus ini hanya beroperasi sampai pukul tujuh malam. Karena itu kita harus menyesuaikan jadwal kita agar tidak terlambat.

Titik awal dari wisata arung jeram di Palayangan adalah dari Situ Cileunca. Danau ini merupakan sumber dai Sungai Palayangan. Pada saat normal, debis air dapat mencapai dua meter kubik per detik. Saat musim hujan debit air bisa meningkat menjadi empat meter per detik. Wisata arung jeram Palayangan memiliki tingkat grade 4. Tingkatan jeram di Sungai Palayangan memang cukup tinggi. Jeram di sungai ini memiliki tinggi hingga mencapai dua meter.

Jika kita ingin melewati arung jeram di sungai ini maka wajib mengenakan pakaian standar keamanan seperti helm dan pelampung. Sebelum kita mengarungi sungai, pemandu akan memberikan pengarahan cara rafting dan simulasi di Situ Cileunca. Sungai ini memang memiliki arus yang cukup deras. Namun tidak perlu khawatir, tim penyelamat banyak yang bersiaga di sepanjang sungai.

Ada banyak jeram di sungai ini dengan nama berbeda. Salah satu jeram yang paling sulit adalah Jeram Blender. Jeram ini memiliki tinggi jeram sekitar dua meter. Akan banyak air yang menyerang perahu dan tim rafting. Adrenalin benar-benar dipompa selama perjalanan menelusuri jeram.

Wisata arung jeram Palayangan memang sukup menantang. Selain menguji nyali, kita bisa juga menikmati  panorama alam di sekitar sungai yang masih alami. Kita akan disuguhi kebun teh luas dan hutan pinus yang segar dan alami. Selain berolahraga, wisata di Palayangan juga mengajak wisatawan untuk mengendurkan saraf dari kepenatan kota besar.

Leave a Reply