Keasrian Wisata Tangkuban Perahu di Utara Bandung

Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu | Foto : view71.com

Bandung merupakan kota yang memiliki banyak wisata alam. Salah satu wisata alam yang indah di utara Bandung adalah wisata Tangkuban Perahu. Gunung ini memang mirip dengan perahu yang dibalik. Dalam legenda, gunung ini merupakan perahu yang ditendang oleh Sangkuriang hingga terbalik karena gagal memperistri Dayang Sumbi. Selain keunikan bentuknya, ada banyak hal lain yang ditawarkan oleh Tangkuban Perahu.

Keasrian Wisata Tangkuban Perahu di Utara Bandung

Tempat wisata Tangkuban Perahu terletak di utara Bandung, tepatnya di Cikole Lembang. Kita bisa menjangkau gunung ini dengan memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Gunung ini memang cukup dekat dari pusat kota Bandung. Sepanjang jalan, kita akan disuguhi nuansa alam yang asri dari Lembang. Kita akan menjumpai berbagai kebun sayuran dan kebun teh yang terlihat asri dan indah.

Setelah memasuki Gunung Tangkuban Perahu, kita akan disuguhi panorama indah : hutan pinus dan perdu di kanan-kiri jalan. Di tempat wisata Tangkuban Perahu kita bisa berwisata ke kawah yang ada di gunung itu. Kita bisa menikmati pemandangan kawah sambil berfoto di sekeliilingnya. Bau belerang akan tercium jika kita berada di sekitar gunung ini.

Di sekitar Tangkuban Perahu juga terdapat berbagai warung yang menjajakan masakan dan minuman hangat. Salah satu menu yang perlu dicoba di berbagai warung ini adalah sate kelinci, colenak, dan sate biawak. Kita bisa juga menjumpai berbagai minuman hangat khas Sunda seperti Bandrek dan Bajigur. Kita bisa duduk-duduk di warung tepi jalan ini sambil menikmati panorama kebun teh dan nuansa pegunungan yang asri.

Wisata Tangkuban Perahu sebenarnya merupakan gunung berapi yang masik aktif. Gunung yang memiliki tinggi 2048 meter di atas permukaan laut ini memang pernah dan akan meletus. Catatan sejarah menunjukan bahwa gunung ini pernah meletus pada tahun 1829, 1846, 1862, 1887, 1896, 1910, dan terakhir pada tahun 1929. Ketika akan masuk ke area kawah, kita perlu membayar biaya masuk.

Selain itu kita bisa juga melakukan berbagai kegiatan di sini seperti berkemah atau melakukan foto pernikahan.
Tangkuban Perahu dan sekitarnya memang banyak menyajikan tempat wisata alam. Kita bisa melakukan outbound di daerah Cikole, memetik strawberry di Lembang, mengunjungi De’ranch di Maribaya, hingga kuliner di daerah Lembang.

Jika kita terus ke utara, kita akan masuk ke wilayah Subang, kita bisa mengunjungi wisata pemandian air hangat di Ciater. Suasana asri dan alami memang masih ditawarkan oleh tempat wisata Tangkuban Perahu, tidak heran selama akhir pekan biasanya jalanan menuju tempat ini dipenuhi kendaraan dari dalam dan luar Kota Bandung.

Leave a Reply