Nikmati Indahnya Wisata Situ Patenggang Bandung yang Berbalut Legenda

Wisata Situ Patenggang Bandung

Wisata Situ Patenggang Bandung | Foto : liburanbandung.com

Objek wisata Situ Patenggang Bandung merupakan salah satu wisata andalan di Kota Bandung. Situ Patenggang atau Situ Patengan ini merupakan wisata danau yang terletak di Ciwidey dan terkenal dengan keindahan alamnya. Tak hanya itu, di Situ Patenggang ini pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik untuk mengisi hari libur.

Nikmati Indahya Wisata Situ Patenggang Bandung yang Berbalut Legenda

Sekilas tentang Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan danau alami yang dilengkapi dengan pesona alam yang mengagumkan. Pengunjung tak hanya akan berhadap-hadapan dengan air danau yang tenang, namun juga akan menemukan panorama indah berupa pepohonan, hutan-hutan pinus, serta perkebunan teh Rancabali yang terkenal di Ciwidey.

Wisata danau seperti ini memang asyik dijadikan tempat bersantai dan beristirahat, namun Situ Patenggang menyuguhkan hiburan lain bagi para pengunjungnya. Di sini kita bisa mencoba beberapa fasilitas yang disediakan, seperti menyewa perahu untuk berkeliling danau atau menaiki sepeda air. Bila merasa lapar atau ingin camilan, di sekitar Situ Patenggang ada cukup banyak kios atau warung makanan.

Lokasi Situ Patenggang

Lokasi Situ Patenggang

Lokasi Situ Patenggang | Foto : yoshiewafa.blogspot.com

Wisata Situ Patenggang Bandung bertempat di Ciwidey, atau sekitar 48 km ke arah selatan dari pusat Kota Bandung. Cara menjangkau objek wisata yang satu ini juga tergolong mudah. Pengunjung bisa pergi menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum yang banyak tersedia di Bandung.

Bagi wisatawan yang naik angkutan umum, sebaiknya pergi dulu di Terminal Leuwi Panjang. Dari terminal ini, kita bisa melanjutkan perjalanan naik angkutan umum dengan jurusan Ciwidey. Sampai di Terminal Ciwidey, kita lanjutkan naik angkutan umum lagi jurusan Ciwidey-Situ Patenggang.

Legenda Situ Patenggang

Situ Patenggang tak hanya terkenal karena keindahan alamnya, tapi juga karena adanya legenda atau mitos yang menceritakan kisah cinta. Nama Patenggang atau Patengan ini sendiri berasal dari Bahasa Sunda pateangan-teangan yang berarti saling mencari.

Konon, ada seorang putra dari Prabu Siliwangi bernama Ki Santang yang menjalin kasih dengan seorang putri titisan dewi bernama Rengganis. Sayangnya, keduanya sempat terpisah dalam waktu yang sangat lama. Mereka kemudian saling mencari satu sama lain hingga akhirnya bertemu di satu tempat yang sekarang dikenal dengan nama Batu Cinta.

Mitosnya, pasangan yang singgah di Batu Cinta nanti akan merasakan cinta abadi seperti Ki Santang dan Rengganis. Sayangnya, gara-gara mitos ini pula Batu Cinta malah menjadi kotor akibat ulah para wisatawan yang sengaja menuliskan nama pasangan mereka di batu tersebut.

Demikian informasi mengenai wisata Situ Patenggang Bandung yang ada di kawasan Ciwidey. Semoga bermanfaat.

Add Comment