Pilihan Objek Wisata Pantai Bandung yang Indah

Wisata Pantai Bandung

Wisata Pantai Bandung | Foto : blog.uad.ac.id

Sebagian wisatawan mungkin menginginkan objek wisata pantai Bandung ketika berkunjung ke Kota Kembang tersebut. Akan tetapi, Bandung yang punya segudang tempat rekreasi ini memang tidak memiliki wisata pantai atau laut. Bila ingin berwisata ke pantai, kita bisa mengunjungi kota-kota tetangga, yaitu Garut yang berada di sebelah timur Kota Bandung.

Pilihan Objek Wisata Pantai Bandung yang Indah

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo | Foto : nurainihesti.blogspot.com

Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang ada di Kota Garut dan termasuk pantai yang paling dekat jaraknya dengan Bandung. Daya tarik utama pantai ini adalah keindahan dari perpadauan warna air lautnya yang hijau kebiru-biruan dengan pasir putih di sepanjang pantai. Pantai seperti ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga, apalagi pasir putihnya bisa dibuat arena bermain bagi anak-anak.

Tak jauh dari pantai, pengunjung bisa menyeberangi Muara Cilauteureun untuk pergi ke Pulau Santolo yang eksotis dan terpisah dari pantai utama. Muara Cilauteureun ini sendiri sudah menjadi keunikan di Pantai Santolo, pasalnya di sini air laut mengalir ke arah sungai, bukan sebaliknya.

Pantai Cijayana

Pantai Cijayana juga merupakan salah satu pantai di Garut yang tak kalah indah dari Pantai Santolo. Seperti namanya, pantai ini terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmuti, Kabupaten Garut. Jaraknya dari Bandung sekitar 40 km, jadi walaupun turis tidak menemukan wisata pantai Bandung, mereka bisa ke Cijayana dan menikmati pemandangannya.

Airnya cukup jernih, pasirnya berwarna putih kecokelatan dan cocok digunakan untuk bermain, terutama bagi anak-anak. Ingin mandi di pantai ini pun tidak masalah, karena ombak di Pantai Cijayana relatif tidak berbahaya. Dengan panorama yang indah, pengunjung bisa berfoto sepuasnya di sini.

Pantai Sayang Heulang

Pantai yang terletak di Desa Mancagahar ini tergolong pantai paling populer di Garut. Pemandangan di sini sudah tidak diragukan lagi, karena itu tak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini. Air lautnya yang jernih, dipadu dengan pasir putih dan bebatuan di pinggir pantai, menjadikan Pantai Sayang Heulang sebagai objek wisata yang sangat menarik.

Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi dan sebenarnya sangat cocok untuk bermain selancar. Namun kalau Anda ingin berselancar di pantai ini, sebaiknya berhati-hati karena ada banyak bebatuan di tepian pantai yang bisa melukai tubuh Anda. Bila tak suka selancar, kita bisa bermain voli pantai yang sambil menikmati pesona Sayang Heulang.

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya | Foto : travel-guide-x.info

Pantai lain yang patut dikunjungi adalah Pantai Rancabuaya. Jaraknya cukup jauh dari Bandung, yaitu sekitar 6-7 jam perjalanan. Namun bagi wisatawan yang penasaran, tak ada salahnya mencoba mendatangi pantai yang masih terlihat alami dan eksotis ini. Hampir sama seperti pantai lainnya di Garut, pasirnya tampak kecokelatan. Di sepanjang tepi pantai banyak terdapat batu-batu karang, sedangkan ombak pantai ini juga tergolong tinggi, namun kedua hal ini malah menjadi pesona tersendiri di Rancabuaya.

Demikian informasi mengenai wisata pantai Bandung yang lokasinya terletak di Kota Garut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply