Menikmati Keindahan Alam Dari Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu | Foto : content.rajakamar.com

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung termasuk salah satu objek wisata yang paling populer dan paling banyak dikunjungi di Bandung. Karena menjadi salah satu tempat wisata utama, maka banyak yang mengatakan bahwa bila kita sudah berkunjung ke Bandung, tak lengkap rasanya bila belum ke Gunung Tangkuban Perahu.

Daya tarik utama dari tempat rekreasi yang satu ini tentu saja pesona alamnya yang sangat indah. Pemandangan kawah ditambah dengan dinginnya udara di sekitar pasti akan membuat wisatawan merasa betah di tempat wisata yang satu ini. Apalagi di sini kita bisa melihat beberapa kawah, misalnya Kawah Ratu yang menjadi kawah utama, Kawah Domas, dan juga Kawah Upas.

Menikmati Keindahan Alam Dari Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Transportasi ke Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Lembang dan berbatasan dengan Subang. Cara untuk pergi ke tempat inipun cukup mudah, bahkan bagi wisatwan luar kota sekalipun.

  • Kendaraan pribadi

Bila menggunakan kendaraan pribadi, kita harus mengarah ke utara atau ke arah Ciater atau Subang. Ambil rute Bandung-Lembang-Jl.Tangkuban Perahu Raya, jaraknya sekitar 30 km.

  • Angkutan umum

Ada banyak cara atau jalur bila kita ingin menggunakan angkutan umum. Misalnya dari Stasiun Hall Bandung, naik angkot St.Hall-Lembang. Sampai di Lembang, kita sambung dengan angkot Lembang-Cikole. Bisa juga dari Bandung langsung menuju terminal Ledeng, dari sini kita bisa naik angkutan umum menuju Subang (biasanya mobil ELF atau sejenis L300).

Tips Berwisata di Gunung Tangkuban Perahu

Bila kita ingin mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut tips-tips yang patut diketahui sehingga hari libur kita tidak jadi mengecewakan.

  • Tidak ada hotel di komplek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jadi, bila kita ingin menginap, kita harus keluar dari area wisata. Jangan khawatir, ada cukup banyak hotel di Lembang yang dekat dengan Tangkuban Perahu.
  • Jika haus atau lapar, kita bisa membeli makanan dan minuman dari para pedagang yang banyak ditemui di area wisata Tangkuban Perahu. Tapi akan lebih baik bila membawa makanan sendiri, karena harga makanan di tempat wisata bisa jauh lebih mahal.
  • Bila ingin ke Tangkuban Perahu, disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena dari pintu masuk menuju kawah jaraknya agak jauh. Kalaupun ada angkutan umum, tarifnya cukup mahal, bisa sekitar Rp70.000-Rp100.000.
  • Bawalah saputangan atau masker bila Anda tidak kuat dengan bau belerang khas pegunungan.
  • Pakailah pakaian hangat seperti jaket dan syal agar tidak kedinginan. Bawa juga payung untuk menghindari sengat matahari di siang hari.

Demikian informasi mengenai lokasi serta tips-tips bila ingin mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply