Wisata Bandung untuk Anak yang Edukatif dan Menghibur

Wisata Bandung untuk Anak

Wisata Bandung untuk Anak | Foto : bandung.panduanwisata.com

Ada banyak alternatif tempat wisata Bandung untuk anak yang bisa kita pilih untuk memanjakan sang buah hati. Tak hanya demi mendapatkan hiburan, akan lebih baik apabila kita sebagai orang tua juga memilih tempat-tempat wisata yang sarat dengan pengetahuan. Dengan demikian, momen liburan si kecil pun bisa lebih bermanfaat.

Wisata Bandung untuk Anak yang Edukatif dan Menghibur

Kebun Binatang Bandung

Ingin liburan seru, murah, sekaligus mendapat pengetahuan? Datang saja ke Kebun Binatang Bandung yang terletak di pusat kota. Kebun binatang ini memang memberikan hiburan yang asyik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Di sini kita akan menjumpai hewan-hewan asli Indonesia dan satwa lain yang berasal dari luar negeri.

Selain bisa berjalan-jalan melihat koleksi satwa, Kebun Binatang Bandung juga bisa jadi sarana pendidikan yang bagus untuk mengenalkan macam-macam jenis hewan pada anak-anak. Tak hanya melihat dari jauh, anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan cara menunggang beberapa jenis hewan, misalnya gajah, kuda, atau unta.

Jendela Alam

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung | Foto www.tempatwisataid.com

Tempat wisata Bandung untuk anak yang juga bisa menjadi sarana pendidikan adalah Jendela Alam yang ada di Lembang. Di sini ada banyak permainan untuk anak-anak, termasuk kolam renang waterboom yang pasti mengasyikkan.

Sisi edukasinya terletak pada area peternakan dan perkebunan yang memang disediakan oleh Jendela Alam. Ada peternakan ayam, kelinci, atau kambing, dan anak-anak bisa memberi makan langsung pada hewan-hewan tersebut. Ada pula perkebunan tanaman yang juga bisa menambah wawasan kita tentang tanaman obat atau tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik.

Museum Geologi Bandung

Tempat wisata yang juga patut dikunjungi bersama anak-anak adalah Muesum Geologi yang letaknya berada di pusat Kota Bandung. Selain menghibur, wisata museum seperti ini juga sarat dengan pengetahuan, terutama bagi anak-anak. Menariknya, setiap pengunjung tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis untuk menikmati isi museum.

Di dalam museum, kita bisa mengenalkan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah pada anak-anak. Misalnya tentang fosil hewan purba yang dipajang di museum. Dengan demikian anak-anak pun akan mengerti bahwa pada masa lampau ada binatang berukuran besar yang pernah hidup di bumi.

Trans Studio Bandung

Objek Wisata Trans Studio Bandung

Objek Wisata Trans Studio Bandung | Foto : http://adventurebandung.com

Trans Studio Bandung memang terkenal dengan hiburannya yang seru dan mengasyikkan. Trans Studio yang merupakan indoor theme park terbesar di Indonesia ini tak hanya menghadirkan wahana-wahana permainan yang menguji adrenalin, namun juga bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang cocok dikunjungi anak-anak.

Kita bisa mengajak anak-anak ke Science Center yang mirip dengan Mueseum Iptek yang ada di TMII Jakarta. Di sini kita akan menemukan puluhan alat peraga yang berkaitan dengan bidang ilmu matematika, fisika, kimia, maupun biologi. Misalnya ada Gravity Rainbow yang memberitahu bagaimana kinerja gravitasi bumi, atau Tesla Coil yang bisa menggambarkan bagaimana terjadinya petir.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata Bandung untuk anak yang bisa kita coba saat hari libur tiba. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply