Pesona Wisata Bandung Selatan Kawah Putih yang Tiada Duanya

Wisata Bandung Selatan Kawah Putih

Wisata Bandung Selatan Kawah Putih | Foto : klikhotel.com

Rasanya tak ada orang yang tidak mengenal wisata Bandung Selatan Kawah Putih. Objek wisata yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal. Bahkan, turis-turis asing pun kerap berdatangan ke Kawah Putih hanya untuk menikmati keindahan alamnya yang susah didapatkan di tempat wisata lainnya. Bila Anda juga tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih, kenali dulu objek wisata tersebut lewat ulasan singkat berikut ini.

Pesona Wisata Bandung Selatan Kawah Putih yang Tiada Duanya

Pesona Alam Kawah Putih

Kawah Putih termasuk wisata alam berupa kawah dengan danau eksotis di tengahnya. Danau yang berada di puncak Gunung Patuha inipun terlihat sangat unik karena warna airnya didominasi warna putih susu bercampur hijau. Yang membuat lokasi ini semakin tampak mengesankan adalah tanah, pasir, serta bebatuan yang ada di sekeliling danau juga terlihat memutih. Karena serba putih inilah kawah tersebut kemudian disebut dengan Kawah Putih.

Keindahan Kawah Putih ini membuat banyak orang berbondong-bondong untuk datang dengan berbagai tujuan. Ada yang sekadar liburan dan berjalan-jalan di sekitar danau sambil berfoto. Ada pula yang sengaja menjadikan Kawah Putih sebagai lokasi syuting, baik video klip ataupun film. Kawah Putih juga sudah jadi langganan untuk foto pre-wedding dan menjadi studio terbuka untuk si calon pengantin.

Transportasi ke Kawah Putih

Kawah Putih Bandung Selatan

Kawah Putih Bandung Selatan | Foto : travel.ruanghati.com

Wisata Bandung Selatan Kawah Putih ini terletak di Ciwidey dan bisa diakses dengan cukup mudah, baik oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Khusus bagi pengguna angkutan umum, pengunjung dari Kota Bandung bisa mendatangi Kawah Putih dengan cara naik angkot berkali-kali, hal ini disebabkan tidak ada angkutan umum yang bisa langsung pergi ke Kawah Putih dalam sekali jalan, kecuali kita memakai jasa mobil rental/carter.

Dari Bandung, kita harus ke Terminal Leuwi Panjang terlebih dahulu. Dari terminal ini kita bisa naik angkutan umum menuju Terminal Ciwidey. Angkutan umum yang dimaksud biasanya berupa mobil Elf atau L300. Setibanya di Terminal Ciwidey, kita harus naik angkot dengan trayek Ciwidey-Situ Patenggang. Dengan angkot ini, kita bisa langsung turun di depan gerbang masuk lokasi wisata Kawah putih.

Jarak gerbang masuk menuju lokasi Kawah Putih adalah sekitar 5-6 km. Dengan jarak sejauh ini kita tidak mungkin melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki tanpa merasa kelelahan. Namun pihak pengelola wisata Kawah Putih sudah menyediakan angkutan umum berupa shuttle car atau yang biasa disebut dengan ontang anting untuk mengantarkan wisatawan ke Kawah Putih.

Harga Tiket Wisata Kawah Putih

Untuk objek wisata seindah Kawah Putih, tiket yang dipatok untuk setiap wisatawan tergolong murah, yaitu Rp15.000/ orang. Bila kita naik ontang anting, kita cukup mengeluarkan uang tambahan sebesar sekitar Rp10.000. Namun bagi wisatawan yang menggunakan mobil pribadi bisa membayar jauh lebih mahal, karena tiket mobilnya sendiri dikenakan tarif Rp150.000. Jadi, misal ada dua orang dalam satu mobil, maka kita harus membayar Rp180.000.

Demikian informasi mengenai wisata Bandung Selatan Kawah Putih. Semoga bermanfaat dan selamat berakhir pekan.

Leave a Reply