Waspadalah! Selalu Ada Tentara Di Cimahi

Tentara Di Cimahi

Tentara Di Cimahi | Foto : www.idjobs.net

Selalu bertemu tentara di Cimahi, memang begitu adanya. Di salah satu kawasan di Bbandung ini, banyak tentara berkeliaran dengan mengenakan seragam. Bukan hanya prajurit, perwira berpangkat juga mudah ditemukan sedang makan baso atau batagor di resto. Mobil berwarna hijau pun lalu-lalang setiap hari.

Waspadalah! Selalu Ada Tentara Di Cimahi

Tempatnya Pelatihan Tentara

Cimahi adalah salah satu kota di Jawa Bbarat, yang berada di sebelah barat kota Bandung. Kota ini telah ada sejak tahun 1811, saat HW Daendles mengadakan mega proyek Anyer-Panarukan. Di Cimahi saat itu didirikan pos pengawasan atau yang umum disebut loji. Selanjutnya bukan hanya pos pengawasan yang dibangun, namun merembet pada pembangunan stasiun kereta cimahi. Di tahun-tahun berikutnya sekitar 1886, dibangunlah pusat pendidikan militer beserta fasilitas lainnya termasuk Rumah Sakit Dustira. Makin berkembanglah Cimahi, dan sekarang telah menjadi kota.

Melihat sejarah berdirinya tersebut, tampak Cimahi memang dipergunakan sebagai pusat penggemblengan kemiliteran. Bukan hanya tentara Belanda, di jaman merdeka dan setelahnya tempat ini juga tetap dipergunakan untuk latihan militer. Setidaknya terdapat 24 bangunan militer yang menjadi cagar budaya.

Selalu bertemu tentara di Cimahi, bukan hal yang asing. Apabila di tempat lain cukup sulit menemukan tentara maka di Cimahi orang berseragam hijau ini ada di mana-mana. Ada yang di pasar, di kantor pos, makan di pinggir jalan sampai sedang jalan-jalan. Bukan hanya tentara muda, namun juga yang tua. Dari pangkat tinggi sampai pangkat rendah. Semuanya mudah ditemui, dengan beragam urusannya. Kota Cimahi yang lumayan lenggang, kondisinya cukup bersih dibandingkan daerah Bandung yang lain. Hal tersebut mungkin memang ada hubungannya dengan kehadiran para tentara. Tentara terkenal dengan disiplin yang tinggi.

Sebutan “Kota Tentara” memang cukup tepat untuk Cimahi. Bukan hanya masalah tempat pelatihan militer yang begitu banyak dan tentara yang mudah ditemukan di manapun, namun juga sebab jumlah veteran yang banyak pula. Tercatat bahwa veteran yang menerima pensiun lewat kantor pos Cimahi, adalah terbanyak se Indonesia. Hal tersebut membuktikan, tempat ini memang markasnya tentara sejak jaman dahulu.

Satu lagi yang unik dari Cimahi adalah saat pembagian uang pensiun, maka ada pasar kaget sekitar kantor pos. Tentu saja yang berbelanja ke tempat tersebut adalah para veteran yang lagi banyak uang. Barang yang dijual khas jaman dahulu atau yang digemari orang tua, seperti: topi model cowboy, korek api, pipa, hewan peliharaan, baju, dan beragam keperluan lainnya. Makanan Jawa Timuran juga banyak dijual di Cimahi.

Penasaran ingin bertemu bapak atau berseragam hijau? Pergi saja ke kota sebelah barat Bandung ini, sebab selalu bertemu tentara di Cimahi.

Leave a Reply