Tempat Wisata Bandung di Cibolang Hot Spring Water

Wisata Air Panas Cibolang

Wisata Air Panas Cibolang | Foto : bandung.panduanwisata.com

Tempat wisata Bandung di Cibolang hot spring water atau pemandian air panas Cibolang sudah cukup terkenal di Jawa Barat, maka tak heran bila lokasi ini sering dipadati oleh pengunjung. Bila Anda ingin menghabiskan liburan akhir pekan, berwisata ke Cibolang bisa menjadi pilihan yang menarik, karena kita bisa merasakan sensasi mandi dengan air panas di sini.

Tempat Wisata Bandung di Cibolang Hot Spring Water

Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata ini terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Pemandian air panasnya sendiri sebenarnya sudah ada sejak sekitar tahun 1985. Melihat adanya banyak pengunjung, maka lokasi ini dikembangkan menjadi tempat wisata yang lebih baik pada tahun 1987 dengan cara menambahkan kolam, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sejak tahun 1990, fasilitas di objek wisata inipun semakin lengkap untuk menambah kenyamanan para pengunjung.

Area wisata yang terletak di ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu udara 23-25° C, sangat cocok bagi para wisatawan yang memang menyukai daerah-daerah pegunungan. Luas objek wisata air panas ini sendiri sebenarnya tidak terlalu besar karena hanya seluas 2 hektar. Walau begitu hal ini tidak akan menjadi masalah, karena pemandian air panas Cibolang dikelilingi oleh keindahan alam yang benar-benar memanjakan mata.

Pemandian ini terdiri dari beberapa kolam yang semua air panasnya bersumber dari mata air di Gunung Windu. Setiap kolam memiliki suhu air yang sama, namun kedalaman kolamlah yang berbeda-beda, ada yang khusus dewasa, ada pula kolam pemandian untuk anak-anak.

Sama seperti wisata pemandian air panas lainnya, kolam di Cibolang tak hanya berguna untuk dijadikan sarana berenang atau sekadar berendam menikmati hangatnya air dari Gunung Windu. Tempat wisata Bandung di Cibolang ini juga dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit-penyakit ringan seperti rematik. Kandungan belerang yang terdapat di air kolam juga diyakini mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit yang diderita oleh ara pengunjung.

Harga Tiket dan Fasilitas

Objek wisata air panas ini bisa dinikmati dengan biaya yang relatif murah. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp10.000/orang, kita bisa mandi dan berendam di pemandian air panas sambil menikmati panorama alam yang tentunya tak bisa didapatkan di kota-kota besar.

Di lokasi ini kita juga bisa menemukan beragam fasilitas yang memang disediakan untuk para pengunjung. Selain kolam pemandian air panas, ada pula kamar mandi, kolam pemancingan, tempat bersantai, bahkan kita bisa sedikit menjelajah bukit untuk menikmati pemandangan Kawah Burung yang tak jauh dari lokasi pemandian.

Itulah sekilas mengenai tempat wisata Bandung di Cibolang. Kunjungi sekarang juga dan selamat menikmati liburan akhir pekan!

Leave a Reply