Menemukan Suasana Sunda Di Dusun Bambu Bandung

Menemukan Suasana Sunda Di Dusun Bambu Bandung

Menemukan Suasana Sunda Di Dusun Bambu Bandung | Foto : http://images.detik.com

Menemukan suasana sunda di Dusun Bambu, salah satu tempat rekreasi alam memang bukan isapan jempol belaka. Suasana Sunda yang ditawarkan adalah sunda tradisional, yang artinya pengunjung akan melihat alam yang hijau, hamparan sawah, danau dan beragam keindahan alami lainnya.

Menemukan Suasana Sunda Di Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu

Suasana Sunda Di Dusun Bambu

Suasana Sunda Di Dusun Bambu | Foto : http://4.bp.blogspot.com

Dusun Bambu atau lengkapnya Dusun Bambu Family Leisure Park adalah salah satu tempat wisata alama yang terletak di Jl. kolonel Masturi KM. 11 Cisarua Situ Lembang, Bandung Barat. Websitenya dapat dilihat di dusunbambu.com.

Wisata alam yang ditawarkan didasarkan oleh konsep 6E, yaitu ecology (alam), education (pendidikan), economic (ekonomi), ethnology (budaya), ethics dan esthetics (etika dan keindahan). Tujuannya adalah mengharmonisasi pengetahuan dalam tradisi sunda dalam satu tempat yang terintegrasi.Hal inilah yang kemudian bisa menjadi suatu usaha untuk menemukan suasana Sunda di Dusun Bambu.

Demikian kuat pesan untuk alam dan pelestarian lingkungan dalam pembuatan tempat wisata ini. Sehingga untuk mendukungnya maka disediakan fasilitas-fasilitas:

1. Cafe Burangrang

Cafe ini berkapasitas hingga 600 pengunjung. Dibuka selama 24 jam. Cafe dihiasi dengan gemerlapan lampu dan latar belakang pegunungan yang mengelilingi Dusun Bambu.

2. Lutung Kasarung

Lutung Kasarung di Dusun Bambu Bandung

Lutung Kasarung di Dusun Bambu Bandung | Foto : http://images.detik.com

Tersedia suatu tiruan sangkar burung (Bird Nest) dalam ukuran besar yang terletak di atas pohon. Dari sangkar burung ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam secara total sebagaimana burung-burung.

3. Purbasari

Merupakan restoran yang menggunakan konsep saung atau gazebo, yang dapat menampung 4 sampai 12 orang. Untuk makan di sini pengunjung duduk lesehan. Semua yang ada di sini menggunakan bambu dan temanya menyesuaikan cerita Lutung Kasarung. Hidangan khasnya adalah nasi tutug oncom.

4. Pasar khatulistiwa

Di sini tersedia beragam buah dan sayuran segar dengan kualitas terbaik. Selain itu tersedia pula jajanan khas Sunda dan cinderamata yang diproduksi oleh masyarakat sekitar Gunung Burangrang.

5. Kampung layung

Merupakan penginapan yang berada di kaki Gunung Burangrang.

6. Eagle Camp

Eagle Camp Dusun Bambu Bandung

Eagle Camp Dusun Bambu Bandung | Foto : penginapan-bandung.blogspot.com

Tempat ini adalah area berkemah untuk keluarga. Dilengkapi dengan fasilitas air dingin dan air panas, perapian untuk barbeque serta satu ranjang di setiap tenda.

7. Balad Lodaya

Merupakan area terbuka yang dipergunakan untuk memperkenalkan cara bercocok tanam, mengenal produk pertanian dan bermain permainan tradisonal Sunda.

8. Jalur bersepeda

Jalur ini terbentang sepanjang kebun Teh Sukawana.

Selain yang telah disebutkan terhampar areal persawahan, yang jika musim panen tiba pengunjung dapat turut memanen padi. Demikian artikel tentang menemukan suasana sunda di Dusun Bambu. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Add Comment