Berwisata Ke Kebun Binatang Taman Sari Bandung

Kebun Binatang Taman Sari Bandung

Kebun Binatang Taman Sari Bandung | Foto : wikimapia.org

Berwisata ke kebun binatang taman sari di bandung, bisa jadi alternatif wisata dengan anak-anak. Kebun binatang memang selalu menjadi idola anak-anak. Di sanalah mereka dapat mengetahui beragam hewan, yang biasanya hanya dilihatnya dari gambar atau televisi. Memang secara naluriah, manusian senang dengan alam sekitarnya.

Berwisata Ke Kebun Binatang Taman Sari Bandung

Kebun Binatang Taman Sari

Kebun binatang di bandung ini sudah ada sejak jaman belanda, sekitar tahun 1930. Namanya dahulu Derenten yang kemudian oleh masyarakat sunda sekitar disebut dierentuin, artinya kebun binatang. Perintis berdirinya kebun binatang ini adalah Bandung Zoological Park (BZP), atas prakarsa Direktur Bank Dennis, Hoogland.

Pengesahan tempat rekreasi ini dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang dituangkan dalam surat keputusan 12 April 1933 No.32. Saat terjadi perpindahan kekuasaan ke Jepang, kebun binatang ini tidak terurus, maklum sebab jepang berkonsentrasi terhadap perang dunia. Setelah merdeka, sekitar tahun 1948 barulah diadakan rehabilitasi guna memfungsikan kembali tempat ini.

Nama taman sari sendiri, baru diberikan pada tahun 1957, atas inisiatif R. Ema Bratakoesoema. Beliau membubarkan Bandung Zoological Park dan diganti dengan Yayasan Marga Satwa Tamansari. Ternyata sejarah panjang telah menyertai perkembangan kebun binatang ini.

Berwisata ke kebun binatang taman sari, tidak hanya melihat binatang. Di sana telah dilengkapi beragam fasilitas permainan yang menarik, yaitu: Flying fox, Taman bermain, dan Kolam untuk perahu dan perahu bebek. Adanya beragam permainan tersebut tentu membuat kebun binatang di taman sari makin menarik dan tidak membosankan untuk dikunjungi. Lelah melihat hewan atau saat si hewan malas unjuk gigi, maka pengunjung dapat memilih aktivitas rekreasi yang lain.

Sebenarnya hadirnya kebun binatang di taman sari, bukan semata untuk tujuan rekreasi. Di dalamnya terdapat fungsi kebudayaan, perlindungan marga satwa dan pendidikan biologi. Melihat fungsinya yang signifikan tersebut, maka pemeliharaan terhadap tempat ini memang diperlukan.

Kebun binatang taman sari terletak di Jl. Taman sari, berseberangan dengan kampus ITB sebelah barat. Kendaraan umum banyak yang lewat di depan kebun binatang, sehingga mudah untuk mencapainya. Di dalam kebun binatang sendiri, suasananya cukup asri. Beragam pepohonan besar tumbuh, yang memang diperuntukkan bagi hewan-hewan. Hewan yang ada di sini, berasal dari berbagai penjuru dunia. Tentunya tempat ini sudah dihuni turun temurun oleh hewan-hewan tersebut, mengingat kebun binatang di taman sari telah ada sejak tahun 1930.

Demikian ulasan berwisata ke kebun binatang taman sari. Jangan hanya belanja dan makan, sebaiknya tengok pula hewan-hewan menggemaskan di kebun binatang satu-satunya di Bandung ini.

Leave a Reply