Wisata Mengasyikan Di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang

Kebun Binatang | Foto : bandung.jacktour.com

Objek wisata kebun binatang Bandung tetap menjadi salah satu tempat rekreasi favorit untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Kebun binatang tak hanya menjadi sarana hiburan bagi para pengunjung, tapi juga bisa jadi sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak yang mungkin belum tahu banyak soal binatang.

Kebun binatang selalu ramai dikunjungi wisatawan, selain karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau, harga tiketnya pun relatif murah. Cukup dengan membayar Rp20.000/ orang, kita bisa berjalan-jalan sambil melihat beragam jenis binatang. Khusus bagi anak kecil berusia di bawah 3 tahun, maka tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Wisata Mengasyikan Di Kebun Binatang Bandung

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang dulunya didirikan dan dikelola oleh Bandung Zoological Park (BZP) pada masa pemerintahan Belanda, tepatnya pada tahun 1930. Saat itu, kebun binatang ini dikelola dengan sangat baik, namun saat penjajah Jepang mulai datang ke Indonesia dan menggantikan pemerintahan Belanda di tanah air, kebun Binatang sedikit terbengkalai karena tidak mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Setelah Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1948, Kebun Binatang mulai direhabilitas kembali agar bisa menjadi tempat wisata yang layak dikunjungi. Tahun 1956, Bandung Zoological Park (BZP) dibubarkan, lalu setahun kemudian Kebun Binatang  mulai dikelola oleh Yayasan Marga Satwa Tamansari.

Koleksi Satwa dan Wahana di Kebun Binatang Bandung

Tempat wisata kebun binatang memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Ada puluhan hingga ratusan jenis binatang yang bisa kita temui di sini, mulai dari satwa asli Indonesia hingga satwa-satwa yang didatangkan dari luar negeri, baik satwa yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi. Misalnya, unta, komodo, macan tutul, orang utan, beruang, gajah, beragam jenis burung, dan masih banyak lagi hewan yang bisa kita jumpai di sini.

Di Kebun Binatang, para pengunjung tak hanya bisa melihat-lihat koleksi satwa yang ada. Pengunjung juga diperbolehkan berinteraksi langsung dengan beberapa jenis binatang. Bagi yang ingin berjalan-jalan dengan hewan, kita bisa menunggang unta, kuda, atau gajah dengan didampingi para petugas. Bila mau, kita juga bisa berfoto dengan beberapa macam hewan, seperti ular atau burung.

Kebun Binatang Bandung juga menyediakan beberapa fasilitas permainan yang pastinya mengasyikkan. Ada permainan flyingfox yang seru, ada pula taman bermain untuk anak-anak dengan berbagai permainan, seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Di sini juga disediakan kolam khusus untuk pengunjung yang ingin menaiki perahu bebek.

Demikian sekilas informasi mengenai objek wisata kebun binatang Bandung. Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat berlibur.

Leave a Reply