Punclut, Wisata Pegunungan di Utara Bandung

Punclut

Punclut | Foto : www.disparbud.jabarprov.go.id

Bandung merupakan kota yang memiliki objek wisata pegunungan yang indah, salah satunya adalah Punclut. Punclut merupakan sebutan untuk kawasan perbukitan yang berada di utara kota. Hampir setiap hari objek ini penuh dikunjungi oleh wisatawan. Ketika akhir pekan atau hari libur, bahkan seringkali akses menuju tempat ini sudah macet. Wisata pegunungan ini memang sangat indah, segar, dan nyaman sehingga wajar menjadi tujuan utama pelancong di kota Bandung.

Kita bisa sampai ke kawasan Punclut dengan melewati Jalan Ciumbuleuit. Punclut merupakan salah satu dataran tertinggi di kota Bandung. Objek wisata ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Bandung. Setiap akhir pekan biasanya kawasan ini akan dipadati pedagang yang menjual berbagai keperluan sehari-hari. Kita bisa berolahraga menikmati segarnya udara pegunungan sambil melihat-lihat barang yang menarik.

Punclut, Wisata Pegunungan di Utara Bandung

Udara yang segar merupakan salah satu sajian utama dari Punclut. Jika kita bisa berada di kawasan wisata pegunungan ini sangat pagi, maka kita bisa melihat sensasi kabut yang perlahan naik ke udara. Kita bisa melihat struktur kota Bandung yang melengkung dikelilingi perbukitan seperti mangkuk. Kita tentu bisa melihat pemandangan kota dan pegunungan yang mengelilingi Bandung. Akan terlihat berbagai pegunungan seperti Malabar, Waringin, dan Patuha di bagian selatan kota. Bahkan jika cuaca sedang cerah, maka kita bisa melihat berbagai bangunan kota terkenal sepertu Jembatan Pasupati atau Menara Marjid Raya.

Selain menawarkan panorama yang indah dan menyegarkan, tentu Punclut juga dipenuhi tempat wisata pegunungan yang mengasyikkan. Kita bisa mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner atau penginapan dengan berbagai fasilitasnya di kawasan ini. Kita bisa menikmati berbagai jajanan pasar khas Bandung seperti bandrek, tutut, atau ketan bakar di berbagai warung yang tersebar di kawasn ini. Banyak juga tempat makan yang menyediakan berbagai makanan khas Sunda seperti nasi liwet, sambal, dan lalapan. Kita bisa memilih berbagai tempat ini sesuai dengan keinginan atau kocek yang dimiliki.

Jika Anda masih mempunyai banyak waktu, jangan melewatkan pemandangan senja dari Punclut. Pemandangan lampu kota yang mulai menyala menjelang malam akan nampak indah jika dilihat dari tempat ini. Suasana romantis ini jarang dilewatkan oleh kawula muda setiap akhir pekan atau hari libur. Jika Anda ingin menikmatinya lebih tenang maka Anda bisa menungjungi Punclut pada hari kerja. Memang Bandung akan selalu ramai setiap akhir pekan atau hari libur. Karena itu Anda perlu memilih hari dan waktu untuk berkunjung di kawasan wisata pegunungan, Punclut jika tidak ingin terjebak kemacetan di jalan.


Add Comment