Menambah Pengetahuan Di Objek Wisata Boscha Bandung

Objek Wisata Pendidikan Obcervatorium Bosscha

Objek Wisata Pendidikan Obcervatorium Bosscha | Foto : adeculinary.blogspot.com

Wisata Boscha Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang dipadukan dengan pengetahuan. Jika pengunjung belum ke Boscha, rasanya belum bisa disebut ke Bandung. Boscha merupakan sebuah tempat untuk meneropong bintang yang terletak di Lembang. Observatorium ini berdiri di atas tanah dengan luas sekitar 6 ha dan berada di ketinggian 1310 mdpl. Observatotium ini disebut-sebut sebagai penereropongan bintang yang paling besar se-Asia Tenggara. Kode observatorium untuk Boscha sendiri yaitu 229.

Menambah Pengetahuan Di Objek Wisata Boscha Bandung

Berbicara mengenai objek wisata Boscha Bandung, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarah Boscha. Pembangunan Boscha dilaukan oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Tujuannya adalah untuk memajukan ilmu pengetahuan khususnya ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Dana pembangunannya ditanggung oleh seorang tuan tanah perkebunan Malabar yaitu Karel Albert Rudolf Boscha. Ia juga yang memberikan dana untuk pembelian teropong bintang. Nama Boscha diambil dari nama tuan tanah tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasanya dalam pembangunan observatorium ini.

Untuk pertama kalinya Boscha dipublikasikan tahun 1933. Namun, ketika terjadi  Perang Dunia II, terpaksa dihentikan untuk sementara. Setelah PD II selesai, kemudian dilakukan renovasi pada observatotium ini karena adanya kerusakan yang diakibatkan oleh PD II, sehingga akhirnya Boscha bisa dibuka kembali.

Tanggal 17 Oktober 1951, NISV menyerahkan Boscha kepada pemerintah Indonesia. Setelah ITB berdiri tahun 1959, Boscha kemudian berada di bawah ITB. Sejak saat itulah Boscha berfungsi sebagai lembaga penelitian dan pendidikan formal Astronomi di negara kita ini. SElain menjadi tempat dilakukannya penelitian, tempat ini juga dibuka sebagai objek wisata Boscha Bandung.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi objek wisata Boscha Bandung ini, Anda harus melakukan pendaftaran dulu pada petugas tata usaha observatorium baik itu melalui surat, telepon, fax, atau e-mail. Pendaftaran dilakukan dengan alamat Kepala Obsevatorium Bosscha FMIPA ITB u.p. Ibu Cucu Suryati Lembang 40391 Telepon / fax. 022 – 278 6001 Email : [email protected] atau ANda juga bisa mengunjungi situsnya di www.as.itb.ac.id

Di objek wisata Boscha Bandung ini ada beberapa kunjungan yang tersedia, antara lain kunjungan siang, kunjungan malam rutin, serta kunjungan malam khusus (ada permintaan khusus). Satu hal yang perlu diingat yaitu pada hari-hari tertentu Boscha tidak melayani kunjunguan, seperti pada hari libur nasional, hari Minggu, hari Senin, satu minggi sebelum dan sesudah Idul Fitri, dan tanggal 30 Desember hingga 3 Januari pada tahun berikutnya.

Jika ada fenomena alam yang bisa dilihat di Boscha ini seperti adanya kenampakan objek langit atau aktivitas astronomi lainnya, pihak Boscha akan mengumumkan melalui internet. Untuk HTMnya, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 hingga Rp. 10.000. Cukup terjangkau bukan? Tunggu apalagi? Segera agendakan wisata ke Boscha bersama keluarga Anda.

Leave a Reply