Bukittunggul, Objek Agrowisata yang Masih Perawan

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul | Foto : tjuputography.blogspot.com

Bukittunggul merupakan salah satu objek agrowisata yang masih alami di Bandung. Objek dengan berbagai fasilitas agrowisata ini memang baru saja dibuka, jadi masih sebagian wisatawan saja yang mengetahuinya. Tempat wisata ini berada di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Tempat ini merupakan penghubung dari wilayah Lembang dan Ujungberung. Wisata ini masih alami, sehingga tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengunjunginya.

Bukittunggul, Objek Agrowisata yang Masih Perawan

Tempat yang masih alami ini memang cocok untuk berekreasi. Udara di tempat ini masih sejuk. Pemandangan yang ditawarkan di tempat ini sangat indah dan masih alami. Selain itu tentu saja da berbagai tempat di sekitar lokasi ini yang layak dikunjungi. Sebelum menjadi daerah wisata, lahan ini merupakan tempat untuk menanam pohon kina. Karena pengelolaan yang buruk, usaha perkebunan ini gagal. Lahan ini kemudian diolah menjadi objek agrowisata dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan nyaman. Karena masih baru dan belum banyak dipublikasi, maka kebanyakan pengunjung berasal dari sekitar daerah, terutama dari Lembang dan Ujungberung.

Jalanan yang perlu ditempuh untuk mencapai objek agrowisata ini memang cukup berliku dan berbatu. Usahakan untuk membawa kendaraan yang kuat untuk dipakai berjalan menanjak. Kita nanti akan dikenai tiket masuk ke dalam objek wisata ini. Tiket ini akan dikenai per kendaraan yang masuk ke lokasi agrowisata. Kisaran harga untuk masuk ke lokasi ini adalah dua ribu hingga delapan ribu rupiah untuk setiap kendaraan.

Harga ini tentu terhitung murah jika melihat banykanya objek yang bisa dinikmati. Ada area untuk memancing ikan, villa, danau buatan Sangkuriang, air terjun Batu Sngkur, dan air terjun buatan Batu Bedegul. Selain itu akan ada area out bound di tempat ini, seperti fasilitas sepeda air, trek untuk ATV, flying fox, dan jembatan goyang. Wisata di tempat ini memang diperuntukkan untuk keluarga, sehingga fasilitas yang disediakan cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Berlibur di tempat yang masih alami dan belum terjamah wisatawan memang ada untung dan ruginya. Keuntungannya kita bisa menikmati fasilitas yang masih baru dengan suasana alam yang masih segar dan indah. Selain itu, kita tidak akan disusahkan dengan padatnya wisatawan lain. Namun tentu akses untuk menjangkau tempat ini masih belum baik. Selain itu juga fasilitas di tempat ini masih belum sebaik fasilitas wisata outbound dan objek agrowisata lain di Lembang atau Ciwidey. Namun demi kealamian, kesegaran, dan ketenangan, tidak ada salahnya kita berkunjung ke Bukittunggul.

Leave a Reply