Berbagai Macam Point Salah Kaprah Tentang Wisata Bandung Ciater

Wisata Bandung Ciater

Wisata Bandung Ciater | Foto : www.bandungtourism. (com)

Wisata Bandung Ciater, dari nama atau istilahnya saja sudah bisa ditentukan kesalahan apa yang bisa dilihat. Kesalahan tersebut, bisa saja berasal dari pemahaman umum tentang Ciater yang disebutkan ke dalam wilayah Bandung. Tak jarang juga berasal dari agen-agen wisata yang memasukkan Ciater sebagai salah satu trip wisata Bandung. Padahal, secara administratif, Ciater masuk ke wilayah Kabupaten Subang.

Kesalahan tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan, alasan utamanya adalah banyak wisatawan yang masuk ke area wisata Ciater melalui jalur Lembang-Tangkuban Parahu yang kenyataannya masuk dalam wilayah Bandung. Di samping juga lokasi Ciater yang relatif lebih dekat dengan wilayah Lembang-Tangkuban Parahu ketimbang wilayah Subang sendiri. Hal inilah yang kemudian menyebabkan salah kaprah penyebutan area wisata ini sebagai Wisata Bandung Ciater.

Lokasi Tempat Wisata Ciater

Lokasi Tempat Wisata Ciater | Foto : wisatajawa. (wordpress.com)

Terlepas dari kesalahan atau kekeliruan seperti itu, Ciater masih dianggap sebagai primadona tujuan wisata saat berada di Bandung. Seperti diulas di atas, bahwa letak Ciater tak begitu jauh dari Lembang. Dengan lokasi yang berdekatan seperti itu, kiranya sangat sayang untuk melewatkan wilayah ini sebagai tujuan wisata.

Apa yang Ada di Ciater?

Sejarah membuktikan, bahwa berwisata ke Ciater tak akan lepas kaitannya dengan wisata air panas. Hal itu terbukti dari banyaknya objek wisata air panas yang bisa dikunjungi. Satu objek wisata yang paling terkenal di wilayah ini adalah sari ater dengan kolam pemandian air panasnya yang melegenda. Selain Sari Ater, ada lagi beberapa kolam pemandian air panas yang terkenal semisal Cinangka dan Garacia.

Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater | Foto : istana-wisata. (blogspot.com)

Uniknya semua lokasi pemandian air panas yang tersebar di kawasan wisata Ciater ini, semuanya bersumber dari panas bumi. Hal itu wajar, mengingat wilayah ini berada langsung di kaki gunung Tangkuban Parahu sebagai gunung terbesar di wilayah Bandung dan Subang.

Berdasarkan penelitian, air panas yang mengalir ke kolam pemandian ini mengandung kadar magnesium, kalsium, chloride, sulfat, mineral, thermo dan hyperterma. Di samping juga kadar alumunium dan tingkat keasamannya yang sangat tinggi.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater | Foto : wikimapia. (org)

Dengan kandungan semacam itu, pemandian air panas di Ciater dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit semisal rematik, penyakit kulit hingga kelumpuhan akibat stroke atau darah tinggi. Meski pun kebenarannya perlu dibuktikan lebih lanjut.

Selain terkenal dengan pemandiannya, wilayah Ciater pun terkenal dengan beragam atraksi wisata modern dan berkelas. Semisal kemping (camping) modern tanpa harus ribet dengan peralatan outdoor. Kegiatan seperti ini bisa didapat di Camping Park.

Ciater Highland Resort

Ciater Highland Resort | Foto : www.initempatwisata.(com)

Atau jika ingin menikmati perawatan tubuh dengan air panas alami, bisa dilakukan di Spa yang tersebar di banyak tempat. Begitu juga dengan kuliner dan hotel atau penginapan yang bisa didapat dengan sangat mudah di sepanjang jalur Ciater. Tertarik untuk membuktikan? Silahkan berkunjung ke wisata Bandung Ciater.

Add Comment