Objek Wisata Alam Caringin Tilu, Menguak Wujud Bandung Yang Eksotis

4 Likes Comment
Caringin Tilu

Objek wisata alam Caringin Tilu adalah alternatif wisata yang ada di Kota Bandung. Caringin Tilu adalah sebuah kawasan di Bandung yang menyimpan beragam potensi, terutama alamnya yang eksotis. Wilayah ini berada di Kampung Cisayur, desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. sebutan Cisayur memang tak salah jika melihat hamparan kebun sayur di sepanjang jalan yang berada di ketinggian ini. Bahkan, wilayah ini bisa dikatakan salah satu sentral sayuran yang memasok sayur mayur untuk kota Bandung.

Di luar sayur mayur, keindahan alam adalah daya tawar lain yang diberikan Caringin Tilu di tempat ini, pengunjung bisa melihat seperti apa penampakkan Kota Bandung. Terlebih jika mengunjungi tempat ini saat malam hari, maka kerlap-kerlip lampu yang menjadi sarana penerangan kota akan terlihat seperti permata di gelapnya cekungan Bandung.

Objek Wisata Alam Caringin Tilu, Menguak Wujud Bandung Yang Eksotis

Apa yang Ada di Caringin Tilu?

Sebelum mengetahui apa yang ada di lokasi ini, sepintas pembahasan tentang Caringin Tilu mungkin bisa memberikan gambaran singkat tentang lokasi ini. Caringin Tilu atau lebih dikenal sebagai Cartil, jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Beringin Tiga. Penamaan ini memang mengacu pada keberadaan tiga pohon beringin di puncak bukit.

Pohon beringin tersebut, menurut informasi dari warga setempat konon ditanam oleh Ir. Soekarno semasa penjajahan dulu. Sayang, salah satu pohon bersejarah yang juga menjadi ikon lokasi ini, kini telah tumbang akibat hempasan angin. Sekali pun demikian, tiga pohon beringin tetap merupakan sejarah yang tak bisa dilupakan dalam penamaan Caringin Tilu.

Lokasi ini sebenarnya telah dikenal sebagai objek wisata puluhan tahun silam. Meski peruntukkan wisata masih sebatas rekreasi warga Bandung yang berada di sekitar objek wisata alam Caringin Tilu. Eksotisme alam dan munculnya beberapa warung di kawasan ini, secara langsung mengubah wajah Cartil yang dulu sepi dan hanya dikunjungi sewaktu-waktu, menjadi ramai dan bisa dikunjungi setiap waktu.

Warung yang berdiri di sepanjang jalan dan tepat di puncak bukit ini, umumnya menawarkan menu-menu sederhana dan menu-menu instan. Namun jangan salah, sekali pun di mata kuliner menu tersebut tak terlalu menarik, nemun menikmati hidangan di tengah suasana alam yang indah dan sejuk, tentunya bukanlah sesuatu yang biasa. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa bukanlah makanan atau minuman yang ditawarkan di sini, tetapi lebih pada cara menikmati alam. Penasaran dengan objek wisata alam Caringin Tilu?  Mari kunjungi Bandung.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *