Curug Cijalu Subang, Ketahui Lokasi, HTM dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

31 Likes comments off
Curug Cijalu Subang

Wilayah Jawa Barat dikenal memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan, nyaman, dan beraneka ragam. Salah satunya adalah Curug Cijalu Subang yang ideal untuk dikunjungi saat akhir pekan. Beragam kegiatan menarik tersedia bagi para pengunjung di sini.

Liburan di curug bisa jadi opsi yang asyik untuk menikmati alam air, tak kalah seru dibanding berlibur di pantai atau kolam renang. Di samping pemandangan yang menakjubkan, petualangan menuju lokasi curug juga menawarkan pengalaman yang mengasyikkan.

Bagi pengunjung yang sedang berada di wilayah Subang, disarankan untuk mengisi waktu dengan mengunjungi Curug Cijalu yang menawarkan pemandangan alam yang menenangkan dan menyejukkan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Berada di Cipancar, Serangpanjang, Subang, Jawa Barat, terdapat destinasi alam menawan, yaitu Cagar Alam Gunung Burangrang. Dengan jarak sekitar 50 KM dari Bandung dan 37 KM dari Subang, lokasinya mudah dijangkau.

Bagi yang ingin menikmati kecantikan Curug Cijalu Subang, cukup membayar tiket masuk sebesar 8 ribu rupiah. Meski demikian, biaya parkir belum termasuk dan akan bervariasi tergantung jumlah pengunjung. Oleh karena itu, jumlahnya tidak dapat dipastikan.

Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 7.30 pagi hingga 5 sore. Sebaiknya kunjungi pada hari biasa untuk menghindari keramaian, hindari berkunjung pada akhir pekan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cijalu Subang

Di Curug Cijalu Subang, tersedia beragam aktivitas yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah trekking, dimana pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 300 meter dari tempat parkir dengan medan berbatu yang menantang.

Meskipun perjalanan trekking ini menantang, pengalaman akan menjadi lebih berharga saat melihat pemandangan sekitar yang memukau. Apalagi ketika mencapai lokasi air terjun, di mana airnya bening dan segar, sementara pemandangan sekitarnya mempesona.

Dengan ketinggian mencapai 70 meter, Curug Cijalu memiliki aliran air yang tenang, cocok untuk berenang atau sekadar bersantai di pinggirannya. Berbagai kegiatan seru dapat dinikmati di tempat ini. Contoh kegiatannya adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Pemandangan di Curug Putri

Berdekatan dengan Curug Cijalu, terdapat juga Curug Putri yang terletak sekitar 100 meter dari sana. Walaupun tingginya hanya mencapai 30 meter, keindahan yang ditawarkan oleh curug ini tak kalah menarik.

Keelokan alamnya tercermin dari formasi bebatuan yang mengelilingi kolam di sekitar Curug Putri. Ditambah lagi dengan kehadiran pepohonan yang rimbun, menciptakan suasana yang segar dan menenangkan.

2. Main Air

Saat berkunjung ke curug, pengalaman menjadi kurang lengkap bila tidak melibatkan diri dalam keseruan bermain air. Menyatu dengan alam sembari merasakan kesegaran air yang bersumber langsung dari pegunungan adalah kenikmatan tersendiri.

Pilihan aktivitas di curug pun beragam. Curug Cijalu sering menjadi pilihan utama karena luasnya dan ketinggian air terjunnya yang memukau, sementara tetap menawarkan kesegaran yang sama. Bermain air tak melulu soal berenang; sekadar merendam kaki atau bermain air di tepiannya pun bisa menghadirkan kegembiraan.

Namun, tak boleh dilupakan untuk tetap mengawasi anak-anak, terutama ketika mereka mendekati bagian yang lebih dalam dari aliran air. Selain itu, memastikan kondisi fisik yang prima menjadi krusial karena suhu air yang dingin bisa berbahaya bagi yang tidak terbiasa.

3. Foto-foto dan Merekam Video

Jepretan foto dan rekaman video untuk mengabadikan momen adalah suatu keharusan. Kesempatan untuk mendapatkan latar belakang yang menakjubkan tidak hanya terbatas di lokasi air terjun, tetapi juga sepanjang perjalanan menuju Curug Cijalu.

Pohon-pohon yang rindang dengan daun-daun hijau yang berguguran menawarkan kesempatan yang bagus untuk foto yang menarik secara estetis, tergantung pada sudut pengambilan gambarnya.

Disarankan untuk tidak bepergian sendirian agar ada teman yang bisa membantu dalam pengambilan gambar. Jika memiliki keterampilan dalam fotografi, itu akan menjadi nilai tambah karena hasilnya kemungkinan besar akan memuaskan.

Nah itulah informasi tentang Curug Cijalu Subang. Jika wisatawan ingin menikmati indahnya panorama alam yang disertai dengan gemericik air yang menenangkan, tempat ini bisa masuk ke dalam list itinerary.

You might like