Belanja CD Murah di Bandung, Antara Ironi dan Kebutuhan

5 Likes Comment
Belanja CD Murah di Bandung, Antara Ironi dan Kebutuhan

Mau belanja CD murah di Bandung? sebenarnya, banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi. Tentunya tergantung jenis cd apa yang diinginkan. Seperti diketahui, bahwa cd pada dasarnya merupakan media penyimpan data, baik dalam bentuk dokumen, movie, game, program dan seterusnya. CD yang dijual murah, biasanya masuk dalam kategori movie/film, musik, program dan game.

Cd dalam kategori di atas, terutama untuk movie dan musik sebenarnya bisa didapat dengan sangat mudah di emper took hingga pasar-pasar. Kecuali untuk kategori program dan games, biasanya hanya berada di beberapa tempat tertentu.

Satu lokasi yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan cd program dan games dengan harga yang murah di Kota Bandung, adalah jalan Ganesha. Jalan ini merupakan salah satu jalan terkenal di Kota Bandung yang menghubungkan wilayah Dago, Balubur, ITB dan Kebun Binatang.

Di sepanjang jalan ini, mata kita akan menyaksikan banyak tenda-tenda yang berdiri di trotoar dan bawah pohon. Tenda-tenda tersebut merupakan satu dari sekian banyak gambaran dari tempat yang menyajikan CD murah di Bandung.

Game atau program adalah spesialisasi dari tempat ini. pengunjung bisa mendapatkan game atau program yang terbaru hingga yang terlama sekali pun. Dengan demikian, cd yang ada di tempat ini bisa dikatakan sangat up to date.

Harga yang ditetapkan, tergantung dari format cd yang digunakan. Untuk format CD, harga berkisar antara Rp.10.000 hingga Rp. 15.000. sedangkan untuk format DVD, harga yang ditetapkan umumnya sama, Rp. 25.000.

Harga seperti ini, memang harga yang sangat murah, terutama jika dibandingkan dengan harga cd original yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal itu wajar, mengingat cd yang dijual di tempat ini adalah cd bajakan.

Jika kita berkunjung dan memperhatikan tempat ini, kita bisa mendapati banyak sekali pembeli dari golongan umur, ekonomi dan profesi. Namun demikian, kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang memang selalu diidentikkan dengan harga murah.

Pedagang yang berjualan di tempat ini, umumnya pedagang lama yang telah menempati lapak lebih dari 5 tahun. Dari segi kelangsungan usaha, hal tersebut jelas menunjukkan jika penjualan cd bajakan memang sangat menguntungkan.

Di sisi lain, hal tersebut bisa dianggap sebagai ironi tersendiri. Di tengah gencar-gencarnya kampanye anti pembajakan. Penjual CD murah di Bandung yang bajakan justru meracuni generasi muda dengan harga yang murah dan secara terang-terangan.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *