Asyiknya Memperpanjang STNK Sambil Belanja di Bandung

36 Likes Comment
Samsat Bandung

Belanja di Bandung, bukan lagi hal baru untuk dibicarakan. Namun, jika diselingi dengan memperpanjang STNK, mungkin sudah menjadi fenomena baru. Memperpanjang STNK sambil belanja saat ini bisa dilakukan setelah dibukanya beberapa outlete pengurusan STNK di pusat perbelanjaan.

Dibukanya outlete seperti ini,satu sisi memang memberikan kemudahan bagi warga, terutama mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengurus langsung di kantor SAMSAT. Logika seperti ini, kiranya berkaitan erat dengan kultur masyarakat yang lebih senang menghabiskan waktu untuk berbelanja ketimbang mengurus kewajiban. Kesan seperti ini memang terasa negatif, namun kita memang tak bisa menutup mata dari kenyataannya seperti itu.

Di samping itu, kesan formal saat mengunjungi SAMSAT kiranya masih menjadi momok tersendiri. Tak jarang ditemukan warga yang malas, takut atau segan untuk mengurus STNK/pajak karena kesan formal tersebut. Bagaimana pun warga akan lebih senang untuk melakukan sesuatu di tempat yang memiliki kesan tidak formal. Kesan tidak formal seperti ini, secara psikologis memang  akan membuat masyarakat menjadi  lebih nyaman dan aman.

Hal seperti ini, kerap dimanfaatkan oleh beberapa pihak sebagai ladang usaha, semisal jasa perpanjangan STNK yang syarat dengan pungutan liar, calo atau jalur cepat.

Karena alasan itulah, pembukaan outlete-outlete perpanjangan STNK dibuka sebagai bentuk pendekatan pada masyarakat agar lebih tertib dan sadar pajak. Meski pun dari sisi lain, kemajuan teknologi berupa fasilitas online adalah faktor utama yang melatar belakangi kemudahan seperti ini.

Setidaknya, ada dua outlete perpanjangan STNK atau SAMSAT outlete di pusat belanja di Bandung, yaitu:

1. Outlete BTM Cicadas

BTM atau Bandung Trade Mall Cicadas adalah mall baru di kawasan Cicadas. Berada di jalan Ibrahim Aji atau Kiara Condong, Bandung. Letak outletenya tak jauh dari pintu masuk mall. Berada di sebelah kanan, di ujung koridor.

2. Outlete ITC Kebon Kalapa

Sebelum berdirinya ITC, lahan tempat berdirinya gedung ini dulu difungsikan sebagai terminal Kebon Kalapa/Abdul Muis. Sisa terminal ini pun masih ada di samping gedung ini, sebagai sub terminal angkot Abdul Muis.

BTC adalah pusat perbelanjaan yang menggabungkan fashion dan elektronik. Outlete perpanjangan STNK sendiri, berada di lantai atas, tepatnya di area food court.

Dua outlete di atas, jelas menunjukkan bahwa memperpanjang STNK bisa dilakukan di sela-sela waktu belanja di Bandung. Karenanya tak perlu takut kehabisan waktu untuk menunaikan kewajiban perpanjangan STNK dan bayar pajak. Satu catatan penting yang harus diperhatikan adalah, STNK dan pajak kendaraan bermotor tetap diatur berdasarkan pola regional. Artinya, outete-outlete tersebut hanya melayani kendaraan bermotor berplat Bandung kota.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *